Tachsun, Maya (2024) STRATEGI PENANGANAN ANAK HIPERAKTIF UNTUK MENCAPAI VISI DI MIN 1 KOTA KEDIRI. Undergraduate (S1) thesis, UNIVERSITAS ISLAM TRIBAKTI LIRBOYO KEDIRI.
![]() |
Text
cover_dkk.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text
BAB 1.pdf Download (413kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Download (387kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Download (512kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (916kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (302kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (327kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sebuah fenomena bahwa siswa hiperaktif atau ADHD cenderung lebih aktif jika dibandingkan dengan siswa lainnya ketika proses pembelajaran dikelas, sulit untuk berkonsentrasi dalam belajar. Bahkan selalu mengganggu teman lain dan sulit untuk bekerja sama dengan temannya. Oleh karena itu Guru harus mempunyai strategi pembelajaran yang tepat dalam rangka menyajikan dan memantapkan bahan pelajaran agar tercapai tujuan pembelajaran dan tercapai visi madrasah. Penelitian ini bertujuan : 1) menganalisis penerapan strategi guru dalam menangani anak ADHD dalam belajarnya di MIN 1 Kota Kediri. 2) menganalisis dampak strategi penanganan anak hiperaktif dalam mencapai visi di MIN 1 Kota Kediri Metode penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data dianalisis dengan langkah-langkah reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data menggunakan kriteria kredibilitas data langkahnya yaitu: ketekunan pengamatan, triangulasi, dan pengecekan sejawat melalui diskusi. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) Strategi guru menangani anak ADHD dalam belajarnya menggunakan dua pendekatan yaitu pertama, pendekatan perilaku meliputi terapi okupasi, terapi wicara dan terapi sosialisasi dengan menghilangkan perilaku tidak wajar. Kedua, perdekatan farmakologi meliputi terapi biometik (obat, vitamin, mineral, dan food supplements) dan diet makanan yang mengandung glutten dan kasein. (2) Dampak Strategi guru menangani anak ADHD dalam mencapai visi sudah terlampaui dengan prestasi yang diukir seperti masuk di jenjang selanjutnya dengan golden tiket dari hasil tryout dan kejuaraan yang lain.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Sekolah dan aktivitasnya; pendidikan khusus |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru MI (PGMI) |
Depositing User: | Mahasiswa 2023 uit |
Date Deposited: | 28 May 2025 04:56 |
Last Modified: | 28 May 2025 04:56 |
URI: | http://repo.uit-lirboyo.ac.id/id/eprint/2570 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |