Masrurroh, Atika (2024) Peran Kepala Madrasah Sebagai Supervisor dalam Mengembangkan Profesionalisme Guru di MTS Al-Mahrusiyah Lirboyo Kediri. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Tribakti (UIT) Lirboyo.
![]() |
Text
Cover dkk (Sampul-Abstrak) Skripsi Atika.pdf Download (505kB) |
![]() |
Text
BAB I Skripsi Atika.pdf Download (242kB) |
![]() |
Text
BAB II Skripsi Atika.pdf Download (472kB) |
![]() |
Text
BAB III Skripsi Atika.pdf Download (228kB) |
![]() |
Text
BAB IV Skripsi Atika.pdf Restricted to Registered users only Download (330kB) |
![]() |
Text
BAB V Skripsi Atika.pdf Download (125kB) |
![]() |
Text
Daftar Pustaka Skripsi Atika.pdf Download (145kB) |
Abstract
Kepala Madrasah merupakan unsur penting dalam mengembangkan profesionalisme guru. Ada kecenderungan yang kuat bahwa untuk meningkatkan profesionalisme guru, maka guru perlu dibina dan ditata kembali kemampuannya. Sebagai pemimpin pendidikan, Kepala Madrasah bertanggung jawab untuk pertumbuhan guru secara continue. Akan tetapi dalam tugas dan tanggung jawab kepala madrasah sangat banyak dan berat. Dalam pandangan .paradigma lama, suatu kegiatan tidak akan berlangsung sesuai dengan rencana jika tidak diawasi. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk memaparkan peran kepala madrsah sebagai supervisor di MTs Al-Mahrusiyah Lirboyo Kediri. (2) Untuk memaparkan faktor pendukung dan penghambat dalam mengembangkan profesionalisme guru di MTs Al-Mahrusiyah Lirboyo Kediri. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif. Sumber informasi penelitian ini adalah kepala Madrasah, Wakil Kepala Madrasah bidang kurikulum dan guru di MTs Al-Mahrusiyah Lirboyo Kediri. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Dengan menggunakan analisis data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian yaitu 1). Bahwa peran kepala madrasah sebagai supervisor dalam meningkatkan profesionalitas guru di MTs Al-Mahrusiyah Lirboyo Kediri melalui berbagai kegiatan yaitu: a. Melakukan kunjunggan ke kelas pada saat guru mengajar. b. Pertemuan pribadi dilakukan setelah kunjungan kelas atau sebelum kunjungan kelas. c. Mengadakan rapat secara rutin untuk evaluasi. d. Menyediakan kegiatan untuk peningkatan profesionalisme guru. Misalnya: diklat, seminar, MGMP, whokshop, pelatihan. Dan proses pelaksanaan supervisi yang digunakan kepala madrasah dalam meningkatkan profesionalisme guru adalah mengkolaborasikan 2 teknik yaitu teknik individu dan kelompok. 2) Faktor pendukung dalam mengembangkan profesionalisme guru di MTs Al-Mahrusiyah Lirboyo Kediri yaitu: a. Adanya kesediaan guru menerima pembinaan dari kepala madrasah. b. Kerjasama antar guru untuk memajukan madrasah. 3) Faktor penghambat dalam mengembangkan profesionalisme guru di MTs Al- Mahrusiyah Lirboyo Kediri yaitu: a. kurangnya sarana dan prasarana. b. kurangnya minat belajar siswa
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | Mahasiswa 2023 uit |
Date Deposited: | 28 May 2025 04:52 |
Last Modified: | 28 May 2025 04:52 |
URI: | http://repo.uit-lirboyo.ac.id/id/eprint/2547 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |