Maulidia, Rohmatin Wulan (2023) PENGARUH PENDIDIKAN KHITOBAH TERHADAP SELF CONFIDENCE SANTRI DI PONDOK PESANTREN RIYADLOTUS SARIAH BISSYARIAH PUTRI GONDANG PLOSOKLATEN KEDIRI. Masters (S2) thesis, UNIVERSITAS ISLAM TRIBAKTI LIRBOYO KEDIRI.
![]() |
Text
COVER DKK.pdf Download (911kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (524kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Download (704kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Download (329kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (972kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (374kB) |
![]() |
Text
BAB VI.pdf Download (186kB) |
![]() |
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (388kB) |
Abstract
Sebagai generasi penerus bangsa yang bermodalkan ilmu agama dan berakhlak, harus selalu siap dalam menghadapi di segala bidang yang bersifat sosial kemasyarakatan dengan menjunjung nilai kesopanan baik dari segi perbuatan dan perkataan. Kegiatan khitobah dalam pondok pesantren merupakan salah satu wadah untuk membimbing para santri agar lebih percaya diri (self confidence) serta terampil berbicara didepan umum. Setiap program tentu mempunyai tujuan dan misi agar tercapai dengan hasil yang diinginkan baik secara jangka pendek, menengah dan jangka panjang. Untuk jangka pendek dan menengah dengan adanya pendidikan ini diharapkan mampu meyakinkan para santri atas kemampuan yang mereka miliki. Rumusan masalah sebagai berikut: 1. Bagaimana pendidikan self confidence melalui khitobah, 2. Bagaimana pengaruh dan pencapaian pendidikan self confidence melalui kegiatan khitobah. Penelitian yang digunakan pada penelitian ini yaitu menggunakan metode kualitatif dan metode kuantitatif (mixed method). Dasar pemilihannya disesuaikan dengan karakteristik data dan objek penelitian. Hasil analisi data dan temuan penelitian: 1. Pendidikan self confidence santri melalui kegiatan khitobah dalam dalam Pondok Pesantren Riyadlotus Sariah Bissyariah Putri diantaranya: a) dukungan dan motivasi dari para senior, b) persiapan fisik, materi dan mental, c) sering latihan berbicara didepan banyak orang, d) mengexplorasi kreativitas gaya dan bahasa, dan e) menerima kritik untuk menjadi lebih baik. 2. Pengaruh pendidikan self confidence melalui kegiatan khitobah adalah menjadikan santri lebih mandiri, komunikatif, kreatif, berinisiatif dan aplikatif terhadap ilmunya. Hal ini dapat terlihat dari evaluasi hasil penilaian dari 62 santri menunjukkan saat dilakukan tes awal khitobah, sebagian santri yang masuk ketegori self confidence nya rendah. Setelah dilakukan bimbingan, pelatihan, monitoring dan evaluasi, skill santri terhadap self confidence mengalami perubahan yang meningkat berdasarkan hasil penilaian.
Item Type: | Thesis (Masters (S2)) |
---|---|
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | M. Pd Pascasarjana Tribakti |
Date Deposited: | 28 May 2025 04:52 |
Last Modified: | 28 May 2025 04:52 |
URI: | http://repo.uit-lirboyo.ac.id/id/eprint/2546 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |