PENGARUH DISIPLIN BELAJAR DAN INTERAKSI EDUKATIF TERHADAP PEMAHAMAN FIQIH HAJI DAN UMRAH DI MA AL-MAHRUSIYAH LIRBOYO KEDIRI

selawati, Selawati (2024) PENGARUH DISIPLIN BELAJAR DAN INTERAKSI EDUKATIF TERHADAP PEMAHAMAN FIQIH HAJI DAN UMRAH DI MA AL-MAHRUSIYAH LIRBOYO KEDIRI. Masters (S2) thesis, Universitas Islam Tribakti Lirboyo Kediri.

[img] Text
cover.,,.pdf

Download (992kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (215kB)
[img] Text
BAB II,.pdf

Download (308kB)
[img] Text
BAB III,.pdf

Download (318kB)
[img] Text
BAB IV,.pdf
Restricted to Registered users only

Download (430kB)
[img] Text
BAB V,.pdf
Restricted to Registered users only

Download (272kB)
[img] Text
BAB VI,.pdf

Download (73kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh disiplin belajar dan interaksi edukatif terhadap peningkatan pemahaman fiqih haji dan umrah di MA Al-Mahrusiyah Lirboyo Kediri. Pengaruh disiplin belajar dan interaksi edukatif merupakan salah satu bentuk proses pendidikan. Penelitian ini menggunakan kerangka teori Sumantri mengenai disisplin belajar dan teori Djamarah mengenai interaksi edukatif. Tujuan penelitioan ini untuk mengetahui: (1) Untuk menjelaskan pengaruh kedisiplinan belajar terhadap peningkatan pemahaman fiqih haji dan umrah di MA Al-Mahrusiyah Lirboyo Kediri. (2) Untuk menjelaskan pengaruh interaksi edukatif terhadap peningkatan pemahaman fiqih haji dan umrah di MA Al-Mahrusiyah Lirboyo Kediri. (3) Untuk menjelaskan pengaruh bersama kedisiplinan belajar dan interaksi edukatif terhadap peningkatan pemahaman fiqih haji dan umrah di MA Al-Mahrusiyah Lirboyo Kediri. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif, dengan metode regresi linear berganda. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik kuesioner atau angket untuk mengukur disiplin belajar dan interaksi edukatif guru terhadap siswa. Sedangkan nilai post test fiqih haji dan umrah untuk mengukur pemahaman belajar siswa pada mata pelajaran fiqih haji dan umrah. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 100 responden denggan menggunakan Teknik proportionate statiefied random sampling. Teknik analisis data menggunakan program SPSS 29 for windows. Hasil Penelitian, yaitu: (1) Terdapat pengaruh positif signifikan disiplin belajar terhadap pemahaman fiqih haji dan umrah di MA Al-Mahrusiyah dengan nilai sebesar 84%. Jika nilai thitung 22,696 lebih > ttabel 1,984 dan nilai probalitas sig 0,001 < 0,05, maka disiplin belajar berpengaruh signifikan terhadap pemahaman fiqih haji dan umrah. 2) Terdapat pengaruh positif signifikan interaksi edukatif terhadap pemahaman fiqih haji dan umrah di MA Al-Mahrusiyah degan nilai sebesar 77%. Jika thitung 18,427 lebih > ttabel 1,984 dan nilai probalitas sig 0,001 < 0,05 , maka interaksi edukatif berpengaruh signifikan terhadap pemahaman fiqih haji dan umrah (3) Terdapat pengaruh bersama disiplin belajar dan interaksi belajar terhadap pemahaman fiqih di MA Al-Mahrusiyah secara simultan dengan nilai sebesar 88%. Jika nilai f hitung > f tabel atau 19,238 > 3,090 dan nilai signifikan 0,001 < 0,05, maka terdapat pengaruh bersama signifikan disiplin belajar dan interaksi edukatif terhadap pemahaman fiqih haji dan umrah.

Item Type: Thesis (Masters (S2))
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Santoso Santoso
Date Deposited: 14 May 2025 04:04
Last Modified: 14 May 2025 04:04
URI: http://repo.uit-lirboyo.ac.id/id/eprint/2525

Actions (login required)

View Item View Item