Penanaman Nilai-nilai Pendidikan Agama Islam Pada Anak Di Pondok Pesantren Hidayatul Muta’alimin Gurah Kediri

Mufid Zainal Mahali, Mufid (2024) Penanaman Nilai-nilai Pendidikan Agama Islam Pada Anak Di Pondok Pesantren Hidayatul Muta’alimin Gurah Kediri. Masters (S2) thesis, Universitas Islam Tribakti Lirboyo.

[img] Text
Bagian Awal.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (574kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (581kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (476kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (777kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (444kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (325kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (458kB)
[img] Text
Lampiran.pdf

Download (1MB)

Abstract

Pendidikan sejak usia dini itu dikatakan sangat penting, dikarenakan pendidikan ini merupakan awal dari pengetahuan-pengetahuan dasar yang harus dimiliki oleh para peserta didik. Hal ini sesungguhnya menjadi landasan pemerintah untuk mengkaji lebih dalam tentang keutamaan pendidikan anak. pendidikan harus dapat memberikan pelayanan kepada peserta didik yang sesuai dengan kebutuhan masa kini dan masa yang akan datang. Sebab di masa mendatang keadaannya akan jauh berbeda dengan kondisi saat ini. Oleh karena itu nilai-nilai keagamaan perlu ditanamkan pada anak, sedini mungkin untuk membentengi anak dari keadaan buruk peserta didik. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan: 1) Bagaimana proses penanaman nilai-nilai keagamaan di pondok pesantren Hidayatul Muta’alimin Gurah Kediri 2) Bagaimana metode yang digunakan dalam penanaman nilai-nilai keagamaan di pondok pesantren Hidayatul Muta’alimin Gurah Kediri 3) Bagaimana dampak penanaman nilai-nilai pendidikan agama Islam terhadap anak di pondok pesantren Hidayatul Muta’alimin Gurah Kediri. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus. Teknik pengumpulan datanya menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Setelah data terkumpul dilakukan proses pengkodingan data dan dilakukan pengecekan keabsahan data menggunakan uji kredibilitas dan konfirmabilitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa .1) Penanaman nilai-nilai keagamaan di pondok pesantren Hidayatul Muta’alimin merupakan suatu penanaman nilai-nilai keagamaan yang dilakukan melalui proses pengelolaan kegiatan. Proses pengelolaan kegiatan Program semester, Rencana Pembelajaran Mingguan dan Rencana Pembelajaran Harian. Pelaksanaan kegiatan itu meliputi kegiatan pembuka, kegiatan inti dan diakhiri dengan kegiatan penutup, 2) Metode yang digunakan dalam kegiatan penanaman nilai-nilai keagamaan di pondok pesantren Hidayatul Muta’alimin meliputi enam metode antara lain yaitu metode karyawisata, metode bercerita, metode tanya jawab, metode demonstrasi, metode peneladanan, metode pembiasaan. 3) Dampak penanaman nilai-nilai pendidikan agama islam pada anak yaitu munculnya kesadaran anak dalam menerapkan prilaku islami dan melakukan ibadah.

Item Type: Thesis (Masters (S2))
Subjects: 200 – Agama > 200 Agama > 200 Agama
200 – Agama > 200 Agama > 203 Praktik keagamaan lainnya
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Mahasiswa 2023 uit
Date Deposited: 27 May 2025 01:50
Last Modified: 27 May 2025 01:50
URI: http://repo.uit-lirboyo.ac.id/id/eprint/2478

Actions (login required)

View Item View Item