Dahlawi, Ahmad Salman (2024) Kurikulum Merdeka Berdasarkan Sudut Pandang Konsep Pendidikan KH. Hasyim Asy’ari Dalam Kitab Adabul Alim Wal Muta’allim. Undergraduate (S1) thesis, Institut Agama Islam Tribakti.
![]() |
Text
01. COVER DEPAN.pdf Download (296kB) |
![]() |
Text
02.cover dalam skripsi (2).pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
03. Bab 1 skripsi.pdf Download (369kB) |
![]() |
Text
04 BAB II skripsi.pdf Download (421kB) |
![]() |
Text
05 BAB III skripsi.pdf Download (282kB) |
![]() |
Text
06. Bab 4 skripsi.pdf Restricted to Registered users only Download (799kB) |
![]() |
Text
07 BAB 5 skripsi .pdf Download (214kB) |
![]() |
Text
08 Daftar Pustaka ful.pdf Download (250kB) |
Abstract
Pendidikan di Indonesia terus mengalami transformasi untuk menyesuaikan diri dengan tantangan global dan kebutuhan lokal. Salah satu upaya terbaru adalah implementasi Kurikulum Merdeka Belajar yang bertujuan untuk memberikan fleksibilitas dan menekankan pada pembentukan karakter peserta didik. Dalam konteks ini, prinsip-prinsip pendidikan yang diajarkan oleh K.H. Hasyim Asy’ari dalam kitab Adabul ‘Alim wal Muta’allim menjadi sangat relevan. Kitab ini menawarkan panduan tentang etika dan moralitas dalam menuntut ilmu, yang dapat memberikan landasan kuat untuk pengembangan kurikulum yang holistik dan berimbang di tingkat Madrasah Ibtidaiyah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengeksplorasi dan menganalisis konsep pendidikan yang diusung oleh K.H. Hasyim Asy’ari dalam Adabul ‘Alim wal Muta’allim, serta bagaimana prinsip-prinsip tersebut dapat diintegrasikan dalam orientasi pengembangan Kurikulum Merdeka Belajar di tingkat Madrasah Ibtidaiyah. Dengan memahami dan menerapkan prinsip-prinsip ini, diharapkan dapat tercipta sistem pendidikan yang tidak hanya berfokus pada pencapaian akademis, tetapi juga pada pembentukan karakter dan etika siswa yang kuat. Penelitian ini menggunakan metode studi pustaka (library research), dengan menelaah berbagai literatur yang relevan, termasuk kitab Adabul ‘Alim wal Muta’allim serta dokumen-dokumen terkait Kurikulum Merdeka Belajar. Analisis dilakukan dengan pendekatan deskriptif kualitatif, yang bertujuan untuk menggali makna dan relevansi prinsip-prinsip pendidikan Hasyim Asy’ari dalam konteks kurikulum modern. Data yang diperoleh kemudian dianalisis untuk menemukan kesesuaian dan potensi integrasinya dalam kurikulum tingkat Madrasah Ibtidaiyah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa prinsip-prinsip pendidikan dalam Adabul ‘Alim wal Muta’allim sangat relevan dan dapat memberikan kontribusi signifikan dalam pengembangan Kurikulum Merdeka Belajar di Madrasah Ibtidaiyah. Prinsip-prinsip seperti adab sebelum ilmu, niat tulus dalam belajar, dan keseimbangan antara ilmu agama dan ilmu duniawi dapat memperkaya kurikulum dengan menekankan pembentukan karakter dan etika. Integrasi prinsip-prinsip ini diharapkan dapat menghasilkan lulusan yang tidak hanya unggul secara akademis tetapi juga memiliki moralitas dan integritas yang tinggi. Kata Kunci: Pendidikan, K.H. Hasyim Asy’ari, Adabul ‘Alim wal Muta’allim, Kurikulum Merdeka
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 200 – Agama > 200 Agama > 203 Praktik keagamaan lainnya |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru MI (PGMI) |
Depositing User: | Mahasiswa 2023 uit |
Date Deposited: | 05 Jun 2025 07:27 |
Last Modified: | 05 Jun 2025 07:27 |
URI: | http://repo.uit-lirboyo.ac.id/id/eprint/2459 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |