Implementasi Pembiasaan Tadarus Al-Qur’an di Kelas IV-A untuk Membentuk Profil Pelajar Pancasila di MI Islamiyah Banjarmlati

Hediyanti, Luthfia (2024) Implementasi Pembiasaan Tadarus Al-Qur’an di Kelas IV-A untuk Membentuk Profil Pelajar Pancasila di MI Islamiyah Banjarmlati. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Tribsakti Lirboyo Kediri.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (541kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (776kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (534kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (585kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (393kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (516kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Adanya transisi Kurikulum 2013 menjadi Kurikulum Merdeka yang mana lebih menekankan karakter, khususnya karakter religius terlebih pada masa kemanjuan digital saat ini tentu menjadi sebuah tantangan dalam sebuah lembaga pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis sejauh mana implementasi pendidikan karakter religius berjalan sesuai dengan elemen profil pelajar pancasila. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi pendidikan karakter religius melalui pembiasaan tadarus di kelas IV-A untuk membentuk profil palajar pancasila, serta apa saja kendala dalam implementasi pendidikan karakter religius melalui pembiasaan tadarus di kelas IV-A untuk membentuk profil palajar pancasila.Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sumber data pada penelitian ini adalah kepala sekolah, waka kurikulum, guru kelas IV-A, dan guru pembimbing pembiasaan tadarus, serta dokumen-dokumen yang berkaitan dengan penelitian. Hasil dari penelitian yang telah dilakukan adalah implementasi pendidikan karakter religius melalui pembiasaan tadarus di kelas IV-A untuk membentuk profil pelajar pancasila dapat dikatan berhasil. Hal tersebut dapat dilihat dari perilaku peserta didik yang mana lebih memiliki sopan santun terhadap guru, lebih memiliki rasa cinta Al-Qur’an, serta mampu menambah hafalan surat-surat dalam Al-Qur’an yang mana termasuk dalam rangkaian ibadah sholat fardhu. Selain itu tentu terdapat kendala yang dialami yaitu adanya peserta didik yang ramai dan kurangnya fokus. Dengan adanya kendala tersebut guru akan lebih sering memantai dan mengelompokkan sesuai karakter peserta didik.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 375 Kurikulum
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru MI (PGMI)
Depositing User: Mahasiswa 2023 uit
Date Deposited: 17 Jun 2025 02:25
Last Modified: 17 Jun 2025 02:25
URI: http://repo.uit-lirboyo.ac.id/id/eprint/2434

Actions (login required)

View Item View Item