FUDDIN, MUHAMAD AFIF (2024) STRATEGI GURU DALAM MENINGKATKAN PRESTASI PEMBELAJARAAN AKIDAH AKHLAK DI MA ASSULAIMANIYAH JOMBANG. Undergraduate (S1) thesis, universitas tribakti lirboyo kediri.
![]() |
Text
SKRIPSI_COVER.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
SKRIPSI_BAB 1 (1).pdf Download (3MB) |
![]() |
Text
SKRIPSI_BAB 2 (1).pdf Download (6MB) |
![]() |
Text
SKRIPSI_BAB 3 (1).pdf Download (6MB) |
![]() |
Text
SKRIPSI_BAB 4 (1).pdf Restricted to Registered users only Download (11MB) |
![]() |
Text
SKRIPSI_BAB 5 DAN DAFTAR PUSTAKA (1).pdf Download (3MB) |
![]() |
Text
SKRIPSI_LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh pentingnya strategi guru dalam meningkatkan prestasi belajar siswa khususnya Guru akidah akhlak. Akan tetapi banyak guru yang kurang memperhatikan strategi pengajarannya. Mereka merasa bahwa apa yang mereka sampaikan sudah dipahami oleh siswa, padahal kenyataannya siswa belum sepenuhnya memahami materi yang disampaikan. Seringkali strategi pengajaran yang digunakan juga terlalu monoton dan sama. Untuk mengatasi hal ini, guru perlu memiliki strategi atau pendekatan yang dapat membantu siswa memahami materi dengan lebih baik dan memberikan tanggapan yang jelas. Guru dapat mencoba pendekatan yang lebih menarik dan interaktif, serta menggunakan variasi dalam metode pengajaran. Misalnya dengan memanfaatkan media pembelajaran yang beragam dan menciptakan suasana kelas yang menyenangkan. Berdasarkan latar belakang tersebut, maka rumusan masalah penelitian ini adalah : 1) Bagaimana Strategi Guru akidah akhlak dalam meningkatkan prestasi belajar siswa, 2) Apa saja Faktor dalam meningkatkan prestasi belajar siswa, dan tujuan dari penelitian ini adalah : 1) Untuk mendeskripsikan strategi guru akidah akhlak dalam meningkatkan prestasi belajar dan 2) Untuk mendeskripsikan Faktor penguat dalam meningkatkan prestasi belajar siswa diMA Assulaimaniyah Jombang. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif, pendekatan deskriptif, dengan Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang meliputi Langkah – Langkah pengumpulan data, penyajian data dan penarikan kesimpulan Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah : 1) Strategi Guru akidah akhlak di ma assulaimaniyah yang digunakan dalam meningkatkan prestasi belajar siswa adalah a) penggabungan metode pembelajaran, b) pembelajaran kontekstual c) memberikan reward berupa nilai, d) memberikan pujian, e) memberikan hukuman, dan f) penggunaan media. 2) Faktor penguat yang mempengaruhi dalam meningkatkan prestasi belajar siswa, faktor penghambat yaitu berasal dari sekolah, a) kelas yang terlalu banyak, b) sarana dan prasarana yang kurang dan c) kurangnya jam pembelajaran dan faktor yang dari diri sendiri, lingkungan dan keluarga yaitu, a) kurangnya minat siswa, b) pengaruh lingkungan tetangga yang negatif, c) kurangnya dukungan dari keluarga, sedangkan factor pendukung yaitu a) pendidik, b)semangat belajar siswa itu sendiri untuk belajar, c) Dukungan d)lingkungan masyarakat dari kepala sekolah mengirim guru untuk belajar di luar sekolah, dan f) bekerja sama antara guru dengan Guru mata Pelajaran yang lain
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 360 Permasalahan dan kesejahteraan sosial > 363 Masalah dan layanan, kesejahteraan sosial lainnya |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | Mahasiswa 2023 uit |
Date Deposited: | 27 May 2025 01:54 |
Last Modified: | 27 May 2025 01:54 |
URI: | http://repo.uit-lirboyo.ac.id/id/eprint/2426 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |