fitriani, ana (2024) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN DENGAN TEKNIK KOLASE MENGGUNAKAN BAHAN ALAM UNTUK MENINGKATKAN KONSENTRASI ANAK KELOMPOK B DI RA KUSUMA MULIA XI TAMANSARI. Undergraduate (S1) thesis, Institut Agama Islam Tribakti.
![]() |
Text
SAMPUL.pdf Download (695kB) |
![]() |
Text
BAB 1..pdf Download (573kB) |
![]() |
Text
BAB 2.pdf Download (413kB) |
![]() |
Text
bab 3.pdf Download (400kB) |
![]() |
Text
bab 4.pdf Restricted to Registered users only Download (642kB) |
![]() |
Text
bab 5.pdf Download (358kB) |
![]() |
Text
pernyataan keaslian.pdf Download (322kB) |
![]() |
Text
daftar pustaka.pdf Download (210kB) |
Abstract
Perkembangan seorang anak sangat ditentukan di masa-masa awal perkembangannya, oleh sebab anak pada masa ini membutuhkan stimulasi yang tepat pada proses pembelajaran melalui bimbingan yang dilakukan oleh guru di lembaga pendidikan. Peran penting guru dalam mengimplementasikan pembelajaran yang dapat menstimulasi perkembangan motorik anak memiliki dampak yang baik dalam meningkatkan konsentrasi anak. Maka melalui pembelajaran dengan teknik kolase anak akan didorong untuk meningkatkan konsentrasi. Berdasarkan kondisi tersebut maka ada beberapa fokus penelitian sebagai berikut (1) bagaimana strategi guru dalam mengimplementasikan pembelajaran dengan Teknik kolase menggunakan bahan alam untuk meningkatkan konsentrasi anak kelompok B di RA Kusuma Mulia XI Tamansari? (2) Faktor apa saja yang menjadi penghambatan dalam mengimplementasikan pembelajaran dengan teknik kolase menggunakan bahan alam di RA Kusuma Mulia XI Tamansari?. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan jenis penelitian studi kasus untuk memperoleh informasi secara mendalam. Sumber data dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder dengan mengguakan teknik purposif sampling yaitu penentuan informan terlebih dahulu untuk menentukan data primer. Maka sumber data atau informannya adalah kepala sekolah, guru kelompok B dan Wali Murid Kelompok B. Adapun teknik pengumpulan data terdiri dari wawancara, observasi dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan analisis data yakni melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa (1) strategi guru dalam implementasi pembelajaran kolase dilakukan dengan mempersiapkan bahan-bahan yang akan digunakan dalam kegiatan pembelajaran, guru mempersiapkan pola gambar ikan, daun kering, lem, serta kedelai. Selanjutnya guru menjelaskan kepada anak mengenai kegiatan yang akan dilakukan serta langkah-langkah yang dilakukan dengan lengkap. Di akhir pembelajaran guru melakukan evaluasi serta memberikan penilaian hasil pekerjaan masing-masing anak, hal tersebut sebagai upaya untuk mengukur perkembangan motorik halus anak sekaligus melakukan evaluasi pencapaian konsentrasi anak selama pembelajaran. (2) Faktor penghambat dalam meningkatkan konsentrasi anak dalam pembelajaran kolase menggunakan bahan alam tersebut yaitu anak-anak ada yang kurang sabar untuk mengantri. Beberapa siswa yang kesulitan dalam memotong daun kering karena tekanan jari-jari kecil yang kurang kuat karena daun sedikit tebal. Selain itu lem yang menempel ke beberapa tempat seperti meja, tangan, sampai dengan baju.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) |
Depositing User: | Mahasiswa 2023 uit |
Date Deposited: | 27 May 2025 01:49 |
Last Modified: | 27 May 2025 01:49 |
URI: | http://repo.uit-lirboyo.ac.id/id/eprint/2420 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |