Metode Syawir Kitab Fathul Qorib dalam Memahami Fikih Ubudiyah Kelas 1-3 Tsanawiyah di Madrasah Diniyah Takmiliyah Awaliyah Al-Ma’ruf Kedunglo Kediri

Solehuddin, Moh (2024) Metode Syawir Kitab Fathul Qorib dalam Memahami Fikih Ubudiyah Kelas 1-3 Tsanawiyah di Madrasah Diniyah Takmiliyah Awaliyah Al-Ma’ruf Kedunglo Kediri. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Tribakti Lirboyo.

[img] Text
Cover dkk.pdf

Download (575kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (287kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (349kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (272kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (353kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (188kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (203kB)

Abstract

Salah satu bagian dari fikih adalah fikih ubudiyah, yaitu fikih yang membahas tentang hukum-hukum yang berkaitan dengan ibadah, seperti shalat, puasa, zakat, haji, dan lain-lain. Fikih ubudiyah merupakan dasar dari fikih lainnya, karena ibadah adalah kewajiban pertama dan utama bagi seorang muslim. Fikih ubudiyah juga merupakan sarana untuk mendekatkan diri kepada Allah dan meningkatkan kualitas iman dan taqwa. Dari uraian diatas, maka dapat dirumuskan masalah penelitian sebagai berikut (1) Bagaimana pelaksanaan metode syawir kitab fathul qorib kelas 1-3 Tsanaiyah di Madrasah Diniyah Takmiliyah Awaliyah Al-Ma’ruf Kedunglo Kediri? (2) Bagaimana pemahaman fikih ubudiyah santri melalui metode syawir kitab fathul qorib kelas 1-3 Tsanaiyah di Madrasah Diniyah Takmiliyah Awaliyah Al-Ma’ruf Kedunglo Kediri? (3) Mengapa metode syawir kitab fathul qorib dalam memahami fikih ubudiyah kelas 1-3 tsanaiyah penting dilakukan di Madrasah Diniyah Takmiliyah Awaliyah Al-Ma’ruf Kedunglo Kediri? Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskritif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi dalam mengumpulkan data. Wawancara digunakan untuk menggali data tentang metode syawir kitab fathul qorib dalam memahami fikih ubudiyah kelas 1-3 tsanawiyah di madrasah diniyah takmiliyah awalaiyah al-ma’ruf kedunglo kediri. Metode observasi dimaksudkan untuk mengetahui adanya kesesuaian anatara perencanaan dan pelaksanaan serta untuk mencari data kegiatan melalui pengamatan. Sedangkan metode dokumentasi digunakan untuk menggali data tentang proses berlangsungnya pembelajaran, wawancara, data-data yang berkaitan tentang penerapan metode syawir dan dokumen pondok pesantren. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penyimpulan. Pengecekan data dengan credibility, transferability, dependability, dan confirmability. Hasil penelitian, yaitu: (1) Bahwa metode syawir efektif dalam menciptakan lingkungan pembelajaran yang dinamis dan interaktif. (2) Pemahaman fikih ubudiyah melalui metode syawir di Madrasah Diniyah Takmiliyah Awaliyah Al-Ma’ruf Kedunglo Kediri menawarkan pendekatan pembelajaran yang kontekstual, memperkuat memori, mendorong pembelajaran mandiri, dan mengembangkan kemampuan analisis serta aplikasi praktis. Metode ini juga mendukung pengembangan karakter santri. (3) Dengan metode syawir, santri menjadi lebih terlibat dan memperoleh pemahaman yang lebih baik tentang materi, mengembangkan kemampuan komunikasi dan kolaborasi, serta keterampilan berpikir kritis.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: S.Pd ghibran mustafa chaliel
Date Deposited: 28 May 2025 07:35
Last Modified: 28 May 2025 07:35
URI: http://repo.uit-lirboyo.ac.id/id/eprint/2388

Actions (login required)

View Item View Item