Akmal, Ridho (2024) PENGGUNAAN MEDIA PEMBALAJARAN VISUAL DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA DI SD AL-MAHRUSIYAH. Undergraduate (S1) thesis, universitas Islam Tribakti Lirboyo.
![]() |
Text
COVER SELESAI.pdf Download (559kB) |
![]() |
Text
BAB 1 SELESAI.pdf Download (296kB) |
![]() |
Text
BAB 2 SELESAI.pdf Download (300kB) |
![]() |
Text
BAB 3 SELESAI.pdf Download (223kB) |
![]() |
Text
BAB 4 SELESAI.pdf Restricted to Registered users only Download (374kB) |
![]() |
Text
BAB 5 SELESAI.pdf Download (164kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA SELESAI.pdf Download (197kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN SELESAI.pdf Download (1MB) |
Abstract
Skripsi ini membahas tentang penggunaan media pembelajaran visual dalam meningkatkan prestasi belajar PAI di SD Al-mahrusiyah, tujuan penelitian dalam skripsi ini adalah 1) untuk mengetahui penggunaan media pembelajaran visual dalam meningkatkan prestasi belajar PAI di SD Al-mahrusiyah. 2) untuk mengetahui faktor apa saja yang menjadi kendala dalam penggunaan media pembelajaran visual dalam meningkatkan prestasi belajar di SD Al-mahrusiyah. Dengan penggunaan media pembelajaran visual, guru dan siswa diharapkan dapat berkomunikasi lebih baik sehingga kelas menjadi hidup. Penggunaan media pembelajaran visual secara kreatif dapat memungkinkan siswa belajar lebih banyak, mengingat apa yang di pelajarinya dengan baik dan meningkatkan prestasi belajar siswa sehingga dengan begitu tujuan pembelajaran dapat dicapai. jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan penelitian kualitatif deskriptif. Dalam proses pengumpulan data, penulis menggunakan beberapa metode, yaitu metode observasi, interview dan dokumentasi. Sedangkan untuk analisis datanya penulis menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif, yaitu berupa pemaparan data secara tertulis mengenai data-data terkait, baik yang tertulis maupun lisan dari objek penelitian yang ada di lembaga tersebut di atas yang telah diamati, dimana dalam hal ini penulis menggambarkan secara menyeluruh tentang keadaan yang meningkat prestasi belajar siswa di SD Al-mahrusiyah meliputi: a) guru mempersiapkan sarana pendukungnya. Sarana pendukung tersebut berupa proyektor, film bergerak, gambar materi pelajaran yang sesuai pembelajaran atau dapat mencari diinternet. b) kesesuaian antara media pembelajaran dengan materi. c) kemampuan guru dalam mengoperasionalkan peralatan media pembelajaran visual sebagai pembelajaran. Capaian hasil penelitian sebagai berikut: 1) setelah media visual digunakan membuat siswa lebih memperhatikan materi pelajaran. Setelah media visual digunakan siswa jadi tertarik dan secara tidak langsung dapat melihat visualisasi pembelajaran secara jelas sehingga membuat lebih paham terhadap materi. 2) faktor penunjang dari penggunaan media pembelajaran visual: a) ketersediaan perangkat lain seperti OHP (over head projektor). b) kemampuan guru dalam mengoperasionalkan media visual secara komprehensif. c) terkadang adanya pemadaman listrik ketika berlangsungnya pembelajaran. d) kurang ketersediaan alat media visual. Adapun kesimpulan penelitian ini adalah Penggunaan media pembelajaran visual dapat berperan dalam meningkatkan prestasi belajar PAI di SD Al-mahrusiyah. Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam penggunaan media pembelajaran visual agar mampu meningkatkan prestasi belajar.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan dasar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | Mahasiswa 2023 uit |
Date Deposited: | 02 Jun 2025 01:58 |
Last Modified: | 02 Jun 2025 01:58 |
URI: | http://repo.uit-lirboyo.ac.id/id/eprint/2382 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |