Kegiatan ekstrakulikuler tari dalam mengembangkan kecerdasan kinestetik siswa di MIN 1 Kota Kediri

Muawanah, Muawanah (2024) Kegiatan ekstrakulikuler tari dalam mengembangkan kecerdasan kinestetik siswa di MIN 1 Kota Kediri. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Tribakti (UIT) Lirboyo.

[img] Text
Cover dkk (Sampul-Abstrak) Skripsi Muawanah.pdf

Download (920kB)
[img] Text
BAB I Skripsi Muawanah.pdf

Download (603kB)
[img] Text
BAB II Skripsi Muawanah.pdf

Download (579kB)
[img] Text
BAB III Skripsi Muawanah.pdf

Download (560kB)
[img] Text
BAB IV Skripsi Muawanah.pdf
Restricted to Registered users only

Download (836kB)
[img] Text
BAB V Skripsi Muawanah.pdf

Download (406kB)
[img] Text
Daftar Pustaka Skripsi Muawanah.pdf

Download (498kB)

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah adanya pergeseran pandangan tentang kemampuan seseorang, pengembangan potensi peserta didik dan kurangnya perhatian sebagian sekolah tentang pengembangan kecerdasan anak. Sebagian besar orang dan sekolah melihat kecerdasan anak hanya dalam bidang kognitif saja. Pada realitanya, setiap anak dibekali dengan potensi yang berbeda–beda sesuai dengan kemampuan anak tersebut. Salah satu cara untuk untuk mengembangkan kecerdasan pada anak adalah mengikutsertakan anak dalam kegiatan ekstrakurikuler, salah satu kegiatan ekstrakurikuler yang mampu mengembangkan kecerdasan kinestetik adalah ekstrakurikuler tari sekolah. Berdasarkan uraian diatas, peneliti bermaksud mengadakan penelitian dengan tujuan: (1) untuk mendeskripsikan pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler tari dalam mengembangkan kecerdasan kinestetik siswa di MIN 1 Kota Kediri (2) untuk mendeskripsikan hasil kegiatan ekstrakurikuler tari dalam mengembangkan kecerdasn kinestetik siswa di MIN 1 Kota Kediri (3) untuk mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat kegiatan ekstrakurikuler tari dalam mengembangkan kecerdasan kinestetik siswa di MIN 1 Kota Kediri. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Keabsahan data diperoleh dengan triangulasis sumber dan metode. Sedangkan untuk menganalisis data, tahapan-tahapan yang dilakukan adalah mengumpulkan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler tari di laksanakan seminggu sekali yakni pada hari sabtu pukul 11.45-13.00 WIB. Kegiatan ini diawli dengan salam, do’a dan dilanjutkan dengan pembelajaran tari kemudian diakhiri dengan evaluasi, pembelajaran dan do’a. (2) faktor pendukung berasal dari dukungan pihak sekolah, wali murid, serta semangat para siswa, sedangkan faktor penghambat berasal dari kurang konsistennya jadwal latihan antara guru dan siswa, kurangnya guru yang mengajar, serta sarana dan prasarana madrasah yang belum memadai. (3) berdasarkan kegiatan ekstrakurikuler ini banyak siswa yang dapat mengembangkan kecerdasan kinestetik yang mereka miliki, dan tidak sedikit dari mereka banyak memenangkan perlombaan antar sekolah dan sering diundang pada event-event yang diadakan oleh pemerintah setempat.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru MI (PGMI)
Depositing User: Mahasiswa 2023 uit
Date Deposited: 21 May 2025 07:55
Last Modified: 21 May 2025 07:55
URI: http://repo.uit-lirboyo.ac.id/id/eprint/2368

Actions (login required)

View Item View Item