Anggraeni, Novia Ayu (2024) Humanisasi Pembelajaran Berbasis Metode TEACCH pada Anak Autis di SLB Bhakti Pemuda Kota Kediri. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Tribakti Lirboyo Kediri.
![]() |
Text
Cover.pdf - Published Version Download (23kB) |
![]() |
Text
Surat Pernyataan Keaslian Karya.pdf Restricted to Registered users only Download (137kB) |
![]() |
Text
Lembar Persetujuan Pembimbing.pdf Restricted to Registered users only Download (150kB) |
![]() |
Text
Lembar Persetujuan Publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (298kB) |
![]() |
Text
Abstrak.pdf - Published Version Download (33kB) |
![]() |
Text
Daftar Isi.pdf - Published Version Download (38kB) |
![]() |
Text
Bab 1.pdf - Published Version Download (182kB) |
![]() |
Text
Bab 2.pdf - Published Version Download (184kB) |
![]() |
Text
Bab 3.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (150kB) |
![]() |
Text
Bab 4.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (317kB) |
![]() |
Text
Bab 5.pdf - Published Version Download (37kB) |
![]() |
Text
Daftar Pustaka.pdf - Published Version Download (98kB) |
Abstract
Pendidikan memiliki peran penting dalam mencerminkan kualitas suatu negara, dengan memberikan kesempatan belajar yang sama kepada semua warga negara, termasuk anak berkebutuhan khusus seperti anak autis. Humanisasi pembelajaran menekankan lingkungan belajar yang responsif dan inklusif serta hubungan interpersonal antara guru dan murid sangat penting untuk perkembangan anak autis. Di lapangan, banyak sekolah menggunakan metode TEACCH untuk intervensi pendidikan anak autis. Secara tidak disadari, SLB Bhakti Pemuda telah menerapkan metode ini melalui penataan lingkungan sekolah yang mendukung pembelajaran dan pengembangan anak autis. Dari uraian diatas, maka dapat difokuskan masalah penelitian sebagai berikut (1) Bagaimana humanisasi pembelajaran anak autis di SLB Bhakti Pemuda ? (2) Bagaimana penerapan metode TEACCH pada anak autis di SLB Bhakti Pemuda ? Adapun jenis penelitian adalah penelitian lapangan (field research) yaitu penulis melakukan penelitian dilapangan untuk memperoleh data dan informasi. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif, yaitu peneliti menggambarkan kondisi yang ada di lokasi penelitian yang berkaitan dengan judul penelitian. Selanjutnya menggunakan pendekatan Grounded theory merupakan metodologi penemuan teori induktif yang memungkinkan peneliti mengembangkan gambaran teoritis dari ciri umum suatu topik sambil secara bersamaan mengaitkan gambaran tersebut dengan pengamatan empiris dari data. Hasil humanisasi pembelajaran di SLB Bhakti Pemuda Kota Kediri menunjukkan bahwa penggunaan media laptop dalam pembelajaran matematika bagi anak autis cukup efektif mendukung perkembangan mereka, meskipun ada beberapa kendala. Guru merasakan dengan penerapan metode TEACCH yang melibatkan penataan lingkungan, berdampak positif pada perkembangan anak autis dalam proses belajar mengajar seperti siswa lebih mudah menerima instruksi yang disesuaikan kebutuhan dan tinkat kemampuan mereka yang dapat meningkatkan pemahaman dari materi yang telah diberikan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 100 - Filsafat dan Psikologi > 150 Psikologi (ilmu jiwa) > 150 Psikologi (ilmu jiwa) |
Divisions: | Fakultas Dakwah > Psikologi Islam |
Depositing User: | Lulusan 2024-UIT |
Date Deposited: | 30 May 2025 08:55 |
Last Modified: | 30 May 2025 08:55 |
URI: | http://repo.uit-lirboyo.ac.id/id/eprint/2354 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |