mahrun, afif (2024) Implementasi Metode Resitasi Dalam Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII Mata Pelajaran Pai Di SMP Al-Mahrusiyah. Undergraduate (S1) thesis, universitas islam tribakti lirboyo.
![]() |
Text
COVER SKRIPSI AFIF.pdf Download (578kB) |
![]() |
Text
BAB I SKRIPSI AFIF.pdf Download (248kB) |
![]() |
Text
BAB II SKRIPSI AFIF.pdf Download (265kB) |
![]() |
Text
BAB III SKRIPSI AFIF.pdf Download (253kB) |
![]() |
Text
BAB IV SKRIPSI AFIF.pdf Restricted to Registered users only Download (639kB) |
![]() |
Text
BAB V SKRIPSI AFIF.pdf Download (2MB) |
Abstract
Skripsi ini membahas tentang implementasi metode resitasi dalam meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa kelas VIII pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di SMP Al-Mahrusiyah Ngampel Mojoroto Kediri. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: Implementasi metode resitasi pada mata pelajaran PAI siswa kelas VIII di SMP Al-Mahrusiyah. Hasil pembelajaran dengan metode resitasi dalam meningkatkan keaktifan belajar siswa kelas VIII. Pengaruh metode resitasi terhadap peningkatan keaktifan belajar siswa kelas VIII pada mata pelajaran PAI. Jenis penelitian ini adalah ex post facto yang termasuk dalam kategori penelitian kuantitatif, dengan menggunakan desain regresi linear sederhana. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Al-Mahrusiyah Ngampel Mojoroto Kediri yang berjumlah 274 siswa. Sampel penelitian sebanyak 60 siswa yang dipilih menggunakan metode purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan melalui instrumen berupa angket dan dokumentasi, yang kemudian dianalisis menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis inferensial. Berdasarkan hasil analisis deskriptif, diketahui bahwa pelaksanaan metode resitasi pada mata pelajaran PAI berada pada kategori rendah (42%), sedangkan hasil belajar peserta didik berada pada kategori cukup (32%). Hasil perhitungan uji regresi menunjukkan bahwa nilai t hitung = -0,013, sedangkan t tabel = 1,671 dengan tingkat signifikansi 0,000 < 0,05, sehingga H₀ diterima dan Hₐ ditolak. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa metode resitasi tidak berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar peserta didik dalam mata pelajaran PAI di SMP Al-Mahrusiyah Ngampel Mojoroto Kediri. Hasil penelitian ini memberikan wawasan baru dan mengindikasikan adanya faktor-faktor lain yang memengaruhi hasil belajar siswa, seperti kurangnya motivasi dan minat belajar.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 200 – Agama > 200 Agama > 202 Ajaran |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | Mahasiswa 2023 uit |
Date Deposited: | 20 May 2025 05:05 |
Last Modified: | 20 May 2025 05:05 |
URI: | http://repo.uit-lirboyo.ac.id/id/eprint/2294 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |