Prasetyo, Ferry Ardy (2024) PERAN GURU PAI DALAM MEMBENTUK SIKAP MODERASI BERAGAMA DI SMK WARGA SURAKARTA. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Tribakti Lirboyo.
![]() |
Text
COVER DAN ABSTRAK.pdf Download (948kB) |
![]() |
Text
BAB 1.pdf Download (371kB) |
![]() |
Text
BAB 2.pdf Download (376kB) |
![]() |
Text
BAB 3.pdf Download (358kB) |
![]() |
Text
BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (443kB) |
![]() |
Text
BAB 5.pdf Download (108kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (141kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
Abstract
Peran guru merupakan kunci pendidikan utama, pendidikan sebagai proses aktualisasi baik ditingkat pra sekolah, dijenjang pendidikan menengah, pendidikan masyarakat maupun perguruan tinggi. Karena guru salah satu faktor yang memengaruhi belajar-mengajar dan juga berperan sebagai tenaga pelaksanaan kurikulum pendidikan. Moderasi beragama kini menjadi bagian terpenting dalam penanaman karakter peserta didik. Melalui pembelajaran Pendidikan Agama Islam sebagai jembatan untuk memberikan penanaman nilai-nilai yang moderat. Sehingga terciptanya sikap saling menghormati dan menghargai pada bingkai perbedaan yang ada. Tujuan dari penelitian ini yaitu mengetahui Peran guru Pendidikan Agama Islam dalam membentuk sikap Moderasi Beragama di SMK WARGA SURAKARTA serta Faktor pendukung dan penghambat guru Pendidikan Agama Islam dalam membentuk sikap Moderasi Beragama di SMK WARGA SURAKARTA Penelitian ini dilakukan melalui pendekatan kualitatif dimana peneliti langsung mengamati fenomena yang terjadi di lapangan, sesuai dengan rumusan masalah yang sudah tersusun. Pengumpulan data yang peneliti lakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dengan menggunakan analisis data, penyajian data, dan kesimpulan. Dari hasil penelitian dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut: 1) terdapat dua strategi guru dalam membentuk sikap moderasi beragama peserta didik melalui pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMK WARGA SURAKARTA yakni melalui pembelajaran dikelas dan pembiasaan positif melalui program yang ada di SMK WARGA SURAKARTA, 2) Faktor pendukung dari segi internal adalah pada diri peserta didik dan intelegensinya, dari segi eksternal adanya dukungan dari pihak sekolah, wali murid, dan masyarakat. Adapun faktor penghambat dari segi internal adalah minat peserta didik dan kurangnya menaati tata tertib sekolah. dari faktor eksternal adanya pengaruh teman, pemahamaan tentang moderasi beragama yang kurang.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | Mahasiswa 2023 uit |
Date Deposited: | 20 May 2025 05:02 |
Last Modified: | 20 May 2025 05:02 |
URI: | http://repo.uit-lirboyo.ac.id/id/eprint/2272 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |