Pengaruh pembelajaran matematika dengan menggunakan media konkret dalam materi bangun ruang terhadap hasil belajar peserta didik di SD Tahfidz Al mubarok Banjarmlati Kota Kediri

Fatmala, Irana (2024) Pengaruh pembelajaran matematika dengan menggunakan media konkret dalam materi bangun ruang terhadap hasil belajar peserta didik di SD Tahfidz Al mubarok Banjarmlati Kota Kediri. Undergraduate (S1) thesis, UIT Lirboyo.

[img] Text
01. COVER.pdf

Download (261kB)
[img] Text
02. BAB I.pdf

Download (144kB)
[img] Text
03. BAB II.pdf

Download (32kB)
[img] Text
04. BAB III.pdf

Download (132kB)
[img] Text
05. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (338kB)
[img] Text
06. BAB V.pdf

Download (13kB)
[img] Text
07. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (122kB)
[img] Text
08. RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (469kB)

Abstract

Dalam mempelajari materi bangun ruang pada pelajaran Matematika dibutuhkan media yang bisa menarik minat dan bisa meningkatkan hasil belajar peserta didik. Jika hal itu tidak terpenuhi, maka akan terjadi seperti yang terjadi pada peserta didik kelas V SD Tahfidz Al Mubarok yang mengalami kesulitan memahami materi. Maka peneliti akan mencoba memberikan media konkret dalam pembelajaran matematika pada materi bangun ruang. Berdasarkan uraian di atas, maka dapat dirumuskan masalah sebagai berikut: 1.) Bagaimana hasil belajar siswa dengan tanpa menggunakan media konkret pada pembelajaran matematika dalam materi bangun ruang di SD Tahfidz Al Mubarok Banjarmlati Kota Kediri? 2.) Bagaimana hasil belajar siswa dengan menggunakan media konkret pada pembelajaran matematika dalam materi bangun ruang di SD Tahfidz Al Mubarok Banjarmlati Kota Kediri? 3.) Bagaimana pengaruh pembelajaran matematika dengan menggunakan media konkret dalam materi bangun ruang terhadap hasil belajar peserta didik di SD Tahfidz Al Mubarok Banjarmlati Kota Kediri? Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan cara wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah analisis uji hipotesis t dan regresi. Hasil penelitian, yaitu: 1. ) Hasil belajar peserta didik dengan tanpa menggunakan media konkret pada mata pelajaran matematika dengan materi bangun ruang di SD Tahfidz Al Mubarok Banjarmlati Kota Kediri tidak berdampak yang signifikan. Terbukti dari nilai rata-rata pre test dan post testnya hanya meningkat 0,5 dari yang semula nilai rata-ratanya 71 menjadi 71,5. 2.) Hasil belajar peserta didik dengan menggunakan media konkret pada mata pelajaran matematika dengan materi bangun ruang di SD Tahfidz Al Mubarok Banjarmlati Kota Kediri berdampak yang sangat signifikan. Terbukti dari nilai rata-rata pre test dan post testnya hanya meningkat 11,5 dari yang semula nilai rata- ratanya 71 menjadi 82,5. 3.) Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh media konkret terhadap hasil belajar. Hal ini dapat dilihat dari hasil pengolahan dan analisis data yang berhasil dikumpulkan oleh peneliti, dengan nilai korelasi sebesar 0, 809 dan nilai signifikan 0, 0045 karena nilai signifikan lebih kecil dari 0, 05, maka menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan media konkret terhadap hasil belajar, Maka penelitian ini Ha diterima dan Ho ditolak yang artinya Ada Pengaruh Pembelajaran Matematika Dengan Menggunakan Media Konkret Dalam Materi Bangun Ruang Terhadap Hasil Belajar Peserta didik Di SD Tahfidz Al Mubarok Banjarmlati Kota Kediri

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Subjects: 500 – Ilmu Pengetahuan > 510 Matematika > 510 Matematika
Depositing User: Mahasiswa 2023 uit
Date Deposited: 17 Jun 2025 02:41
Last Modified: 17 Jun 2025 02:41
URI: http://repo.uit-lirboyo.ac.id/id/eprint/2262

Actions (login required)

View Item View Item