Implementasi pembentukan jiwa nasionalisme dalam pendidikan di MI Plus Darussaadah Lirboyo Kota Kediri

Affandi, Alfian Nur (2024) Implementasi pembentukan jiwa nasionalisme dalam pendidikan di MI Plus Darussaadah Lirboyo Kota Kediri. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Tribakti.

[img] Text
alfian cover.pdf

Download (287kB)
[img] Text
alfian bab 1.pdf

Download (1MB)
[img] Text
alfian bab 2.pdf

Download (615kB)
[img] Text
alfian bab 3.pdf

Download (590kB)
[img] Text
alfian bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (665kB)
[img] Text
alfian bab 5.pdf

Download (497kB)
[img] Text
alfian daftar pustaka.pdf

Download (595kB)
[img] Text
alfian lampiran.pdf

Download (1MB)

Abstract

Radikalisme merupakan isu yang kerap muncul dalam dunia pendidikan saat ini. Perilaku yang mengarah pada radikalisme perlu mendapatkan perhatian serius, khususnya oleh lembaga-lembaga pendidikan, agar dapat dicegah sejak dini. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji implementasi pembentukan jiwa nasionalisme sebagai upaya penolakan terhadap radikalisme di MI Plus Darussaadah Lirboyo. Rumusan masalah dalam penelitian ini mencakup: (1) Bagaimana implementasi pembentukan jiwa nasionalisme dalam pendidikan di MI Plus Darussaadah Lirboyo? (2) Bagaimana hasil dari implementasi tersebut? (3) Mengapa penting pembentukan jiwa nasionalisme diterapkan di sekolah tersebut? Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi, serta dianalisis dengan metode triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembentukan jiwa nasionalisme diintegrasikan melalui program wajib sekolah seperti upacara bendera, menyanyikan lagu kebangsaan, serta penghayatan makna lagu, yang dipandu dan dievaluasi oleh guru. Implementasi ini dinilai berhasil, terlihat dari sikap saling menghargai antarsiswa, minimnya diskriminasi, dan pemahaman siswa terhadap nilai-nilai kebangsaan. Penanaman jiwa nasionalisme di MI Plus Darussaadah Lirboyo dipandang penting sebagai wujud penguatan nilai-nilai Pancasila, penangkal paham radikal, serta sebagai bentuk pendidikan karakter yang menghindari kekerasan dan konflik dalam mencapai tujuan bersama.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru MI (PGMI)
Depositing User: Lulusan 2024-UIT
Date Deposited: 17 Jun 2025 02:41
Last Modified: 17 Jun 2025 02:41
URI: http://repo.uit-lirboyo.ac.id/id/eprint/2258

Actions (login required)

View Item View Item