Pendekatan Psikologis Pendidikan Agama Islam Sebagai Upaya Preventif Dalam Mengatasi Dekadensi Moral Remaja di SMP 18 Pesawaran Lampung

Huda, Muhammad Ibnu (2024) Pendekatan Psikologis Pendidikan Agama Islam Sebagai Upaya Preventif Dalam Mengatasi Dekadensi Moral Remaja di SMP 18 Pesawaran Lampung. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Tribakti Lirboyo.

[img] Text
COVER DKK .pdf

Download (644kB)
[img] Text
BAB I .pdf

Download (377kB)
[img] Text
BAB II .pdf

Download (504kB)
[img] Text
BAB III .pdf

Download (356kB)
[img] Text
BAB IV .pdf
Restricted to Registered users only

Download (452kB)
[img] Text
BAB V .pdf

Download (264kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA .pdf

Download (332kB)

Abstract

HUDA, MUHAMMAD IBNU. 2024: Pendekatan Psikologis Pendidiakn Agama Islam Sebagai Upaya Preventif Dalam Mengatasi Dekadensi Moral Di SMP 18 Pesawaran. Pendidikan Agama Islam, Tarbiyah, UIT Lirboyo Kediri, Dosen Pembimbing Dr. H. Badrus, M.Pd. I Kata Kunci: Pendidikan Agama Islam, Preventif, Dekadensi Moral Remaja Dekadensi moral remaja merupakan isu yang semakin mengemuka dalam masyarakat modern, ditandai dengan peningkatan perilaku negatif seperti kenakalan remaja, penyalahgunaan narkoba, pergaulan bebas, dan tindakan kriminal. Faktor yang berkontribusi terhadap masalah ini adalah kurangnya pemahaman dan pengamalan nilai-nilai moral dan agama. Pendidikan Agama Islam, dengan pendekatan psikologis yang tepat, memiliki potensi besar sebagai alat preventif dalam mengatasi dekadensi moral di kalangan remaja Penelitian ini dilakukan di SMP 18 Negrikaton Pesawaran Lampung dengan tujuan untuk mengkaji peran pendidikan Agama Islam dalam mengatasi dekadensi moral remaja. Metode penelitian yang digunakan meliputi observasi, wawancara, dan analisis dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bentuk-bentuk dekadensi moral di sekolah tersebut masih bisa dikendalikan, seperti ketidakpatuhan pada nasehat guru, sikap kurang sopan, mencontek, membolos, tidak mengikuti sholat berjamaah, perkelahian, pacaran, dan kluyuran saat jam pelajaran. Faktor-faktor yang mempengaruhi terjadinya dekadensi moral antara lain latar belakang pendidikan yang kurang perhatian, kurangnya keyakinan beragama, kurangnya literatur pendidikan agama Islam, laboratorium yang kurang memadai, penggunaan media sosial yang tidak tepat, kurangnya kasih sayang orang tua, perceraian orang tua, masalah ekonomi, serta lingkungan rumah tangga, sekolah, dan masyarakat. Kontribusi pendidikan Agama Islam di SMP 18 Negrikaton Pesawaran Lampung sangat besar dalam upaya mengatasi dekadensi moral remaja. Kegiatan pembelajaran intra dan ekstra kurikuler, seperti pengajian, sholat berjamaah, peringatan hari besar Islam, pramuka, PMR, OSIS, olahraga, kerja sama dengan pondok pesantren, dan kegiatan positif lainnya, berhasil memberikan dampak positif terhadap perilaku remaja. Dengan demikian, pendidikan Agama Islam terbukti efektif dalam membekali remaja dengan nilai-nilai moral dan agama, sehingga dapat mencegah dan mengurangi dekadensi moral di kalangan remaja.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: S.Pd ghibran mustafa chaliel
Date Deposited: 14 May 2025 03:40
Last Modified: 14 May 2025 03:40
URI: http://repo.uit-lirboyo.ac.id/id/eprint/2225

Actions (login required)

View Item View Item