ilham, miftahul (2024) APLIKASI METODE PEMBELAJARAN SOROGAN SEBAGAI UPAYA MEMPERTAJAM PEMAHAMAN KITAB JURUMIYYAH DI MADRASAH DINIYAH PONDOK PESANTREN AL-HIDAYAH BASMOL. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Tribakti Lirboyo.
![]() |
Text
cover Dkk.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (306kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Download (463kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Download (276kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (399kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (188kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (217kB) |
Abstract
MIFATAHUL ILHAM 2024: Aplikasi Metode Pembelajaran Sorogan Sebagai Upaya Mempertajam Kitab Jurumiyyah Di Madrasah Diniyah Pondok Pesantren Al-Hidayah Basmol Dosen Pembimbing Bapak Dr.H.Badrus, M.Pd.I. Kata kunci: Metode Pembelajaran, Sorogan, Pondok Pesantren Skripsi ini menjelaskan tentang Aplikasi Metode Pembelajaran Sorogan Sebagai Upaya Mempertajam Kitab Jurumiyyah Di Madrasah Diniyah Pondok Pesantren Al-Hidayah Basmol. Penilitian ini di latarbelakangi oleh santri yang kesulitan dalam membaca kitab dengan adanya metode sorogan ini diharapkan mempermudah santi dalam membaca dan memahami kitab kuning. Salah satu santri yang bernama Arya Tri Yuda, mengalami kesulitan dalam membaca dan memahami kitab kuning. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjelaskan bagaimana prosedur metode sorogan yang dianggap memudahkan santri dalam memahami kitab jurumiyyah, untuk menguraikan target yang ditetapkan oleh pengajar dalam metode soroga, untuk menggambarkan hasil yang dirasakan oleh santri dalam pembelajaran sorogan. Peneliti dalam hal ini, menggunakan metode penelitian kualitatif atau penelitian lapangan melalui wawancara, observasi, dokumentasi, dan studi pustaka. Setelah data terkumpul dan di analisis maka dapat ditarik kesimpulan: pertama prosedur yang ada di pondok pesantren mewajibkan santrinya untuk mengikuti metode sorogan dengan prosedur hafalan, pendalam materi, pembelajaran sorogan, kedua target yang ditetapkan oleh pengajar yaitu santri harus bisa membaca kitab baik dari segi lafadz maupun makna, terbangunnya mental santri, santri diharuskan bisa memahami kitab kuning baik dari lafadz maupun makna, ketiga hasil yang dirasakan oleh santri dalam pembelajaran metode sorogan yaitu: santri lebih percaya diri, santri lebih memahami kitab kuning baik dari lafadz maupun makna, kedekatan antara santri dan pengajar.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | S.Pd ghibran mustafa chaliel |
Date Deposited: | 14 May 2025 03:40 |
Last Modified: | 14 May 2025 03:40 |
URI: | http://repo.uit-lirboyo.ac.id/id/eprint/2222 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |