Strategi Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Penguatan Karakter Religius Siswa Di Era Revolusi 5.0 Pada Siswa SMK Al-Mahrusiyah Ngampel Kota Kediri

Thoyimah, Thoyimah (2024) Strategi Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Penguatan Karakter Religius Siswa Di Era Revolusi 5.0 Pada Siswa SMK Al-Mahrusiyah Ngampel Kota Kediri. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Tribakti.

[img] Text
Cover DKK.pdf

Download (504kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Kemajuan teknologi yang begitu pesat pada era sekarang ini semakin memperlihatkan wujud dunia yang cepat berubah dan membawa pengaruh besar terhadap gaya hidup manusia. Dampaknya terlihat dari munculnya sifat konsumtif, individualis, serta keinginan akan segala sesuatu secara instan. Namun, kehadiran teknologi Artificial Intelligence (AI) saat ini tidak untuk dilawan atau dihindari, melainkan menuntut kita untuk mencari hal-hal unik yang tidak dimiliki oleh kecerdasan buatan tersebut. Salah satunya adalah pemahaman tentang nilai-nilai religius yang tidak terdapat di dalam AI. SMK Al-Mahrusiyah merupakan sekolah yang berada di bawah naungan Pondok Pesantren Lirboyo Kediri. Sekolah ini bertujuan menyediakan layanan pendidikan yang unggul, beriman dan bertakwa, mandiri, kreatif, serta kompetitif. Siswa SMK berada pada fase remaja, yaitu masa yang sangat rentan dan merupakan puncak dari perkembangan sebelumnya. Pada fase ini, seseorang mulai membentuk pola perilaku dan nilai-nilai baru melalui interaksi sosial. Dalam konteks ini, guru Pendidikan Agama Islam memiliki peran penting dalam penguatan karakter siswa, khususnya dari aspek spiritual, karena bertanggung jawab memberikan bimbingan baik secara jasmani maupun rohani. Pertanyaan utama yang ingin dijawab melalui penelitian ini adalah: (1) Bagaimana karakter religius siswa SMK Al-Mahrusiyah Ngampel Kota Kediri di Era Revolusi 5.0? (2) Bagaimana strategi guru Pendidikan Agama Islam dalam penguatan karakter religius siswa SMK Al-Mahrusiyah Ngampel Kota Kediri di Era Revolusi 5.0? Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif, yang bertujuan untuk mendeskripsikan data yang diperoleh. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi lapangan, dokumentasi, dan diakhiri dengan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Siswa SMK Al-Mahrusiyah secara umum telah memiliki karakter religius yang cukup baik, seperti tanggung jawab, kejujuran, persaudaraan, kepedulian, dan kesadaran yang tercermin dalam perilaku serta keterlibatan mereka dalam kegiatan sekolah. Namun, masih ada sebagian siswa yang menunjukkan kecenderungan mengikuti tren secara berlebihan, menyukai kebebasan, dan mengandalkan kecepatan informasi tanpa memperhatikan etika serta aturan formal. (2) Strategi guru PAI dalam penguatan karakter religius siswa dilakukan melalui pemberian pemahaman dan nasihat, keteladanan, pembiasaan, koreksi dan pengawasan, pemberian hukuman, serta kolaborasi dengan stakeholder pendidikan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan menengah; sekolah tingkat lanjutan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Mahasiswa 2023 uit
Date Deposited: 14 May 2025 03:47
Last Modified: 14 May 2025 03:47
URI: http://repo.uit-lirboyo.ac.id/id/eprint/2215

Actions (login required)

View Item View Item