PERBANDINGAN IMPLEMENTASI MERDEKA BELAJAR PADA KELAS VII, VIII DAN IX TERHADAP KOMPETENSI PROFESIONAL GURU DI MTS AL-MAHRUSIYAH LIRBOYO KEDIRI

Afifah, Umi Arifatul (2024) PERBANDINGAN IMPLEMENTASI MERDEKA BELAJAR PADA KELAS VII, VIII DAN IX TERHADAP KOMPETENSI PROFESIONAL GURU DI MTS AL-MAHRUSIYAH LIRBOYO KEDIRI. Undergraduate (S1) thesis, UNIVERSITAS ISLAM TRIBAKTI LIRBOYO KEDIRI.

[img] Text
COVER.pdf

Download (659kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (278kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (395kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (361kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (519kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (99kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (243kB)

Abstract

Pentingnya profesionalisme guru dalam pendidikan akan bermanfaat bagi masyarakat yang berharap para guru memiliki kualitas yang baik dan akan menumbuhkan motivasi masyarakat untuk percaya bahwa dunia pendidikan mampu memberikan pelayanan yang memuaskan. Dalam Kurikulum Merdeka Belajar pemerintah terus menguatkan peran guru dan tenaga pendidik. Kebijakan pemerintah terhadap profesionalisme seorang guru sangat struktual, kebijakan tersebut meliputi perencanaan dan penataan kebutuhan guru, peningkatan kualifikasi akademik, penuntasan sertifikasi guru, peningkatan kompetensi berbasis kelompok kerja profesi, serta pemberian penghargaan, kesejahteraan, dan perlindungan. Pemerintah harus memberikan perhatian, pelatihan, serta pemahaman terkait dengan proses pembelajaran merdeka belajar yang akan dilaksanakan di sekolah masing-masing. Berdasarkan latar belakang tersebut, peneliti mengajukan pertanyaan penelitian sebagai berikut: (1) Bagaimana Implementasi Merdeka Belajar di MTs Al-Mahrusiyah Lirboyo Kediri? (2) Bagaimana Kompetensi Profesional Guru di MTs Al-Mahrusiyah Lirboyo Kediri? (3) Apakah Terdapat Perbedaan Implementasi Merdeka Belajar pada Kelas VII, VIII dan IX terhadap Kompetensi Profesional Guru di MTs Al-Mahrusiyah Lirboyo Kediri? Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif statistik kuantitatif. Jumlah sampel dalam penelitian sejumlah 64 guru di MTs Al-Mahrusiyah. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah menjadikan seluruh populasi menjadi sampel dengan menggunakan instrumen penelitian berupa kuesioner. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner, dokumentasi dan observasi. Sedangkan teknik analisis data menggunakan analisis Independent Sample T-Test dengan bantuan aplikasi program IBM SPSS version 22.0. Berdasarkan hasil uji hipotesis dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan tingkat profesionl guru ditinjau dari implementasi Merdeka belajar. Guru kelas VII memiliki tingkat profesional yang lebih tinggi dibandingkan dengan guru kelas VIII dan IX. Perolehan nilai mean atau rata-rata pada guru kelas VII sebesar 66,37, sedangkan guru kelas VIII dan IX memperoleh nilai mean atau rata-rata sebesar 62,23.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Lulusan 2024-UIT
Date Deposited: 14 May 2025 03:34
Last Modified: 14 May 2025 03:34
URI: http://repo.uit-lirboyo.ac.id/id/eprint/2204

Actions (login required)

View Item View Item