Pengembangan Tes Terintegrasi Pendidikan Agama Islam dan Sains untuk Mengetahui Critical thinking Peserta didik Mts Ma’arif Udanawu Blitar

Azizah, Nur (2023) Pengembangan Tes Terintegrasi Pendidikan Agama Islam dan Sains untuk Mengetahui Critical thinking Peserta didik Mts Ma’arif Udanawu Blitar. Masters (S2) thesis, Universitas Islam Tribakti Lirboyo Kediri.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penerapan pembelajaran terintegrasi Pendidikan Agama Islam dan Sains menjadi salah satu langkah dalam mengembangkan kemampuan berpikir kritis peserta didik Madrasah Tsanawiyah. Penerapan konsep ilmiah yang terintegrasi dengan pembelajaran Pendidikan Agama Islam dapat membantu peserta didik berpikir kritis dan memahami sunatullah dengan baik. Untuk mengetahui kemampuan berpikir kritis peserta didik perlu strategi penerapan pembelajaran yang tepat untuk mengembangkan kemampuan peserta didik dalam berpikir kritis. Berdasarkan latar belakang tersebut, peneliti mengajukan pertanyaan pada penelitian sebagai berikut (1) Bagaimana perencanaan pengembangan tes terintegrasi Pendidikan Agama Islam dan Sains untuk mengetahui kemampuan berpikir kritis Mts. Ma’arif Udanawu Blitar? (2) Bagaimana desain pengembangan tes terintegrasi Pendidikan Agama Islam dan Sains untuk mengetahui kemampuan berpikir kritis peserta didik Mts. Ma’arif Udanawu Blitar? (3) Bagaimana hasil uji validitas dan reabilitas pengembangan tes terintegrasi Pendidikan Agama Islam dan Sains untuk mengetahui kemampuan berpikir kritis peserta didik Mts. Ma’arif Udanawu Blitar? Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model pengembangan ADDIE dan modifikasi Oriondo dan Dallo Antonio. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif berupa data dari expert judgement dari ahli materi dan ahli bahasa. Implementasi dilakukan dengan uji coba perorangan dan uji coba kelompok. Hasil penelitian, yaitu (1) Perencanaan pengembangan tes terintegrasi Pendidikan Agama Islam dan Sains(2) Desain penelitian mengacu pada model pengembangan ADDIE diantaranya adalah, analysis, design, development, implementation, dan evaluation. (3) Validasi ahli materi dan ahli bahasa memperoleh hasil layak digunakan. Hasil angket respon peserta didik memperoleh hasil kategori baik. Akan tetapi hasil reliabilitas memperoleh kategori rendah.

Item Type: Thesis (Masters (S2))
Subjects: 200 – Agama > 200 Agama > 207 Misi dan pendidikan agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: M. Pd Pascasarjana Tribakti
Date Deposited: 14 May 2025 03:35
Last Modified: 14 May 2025 03:35
URI: http://repo.uit-lirboyo.ac.id/id/eprint/2202

Actions (login required)

View Item View Item