Ahmad Nashruddin, Romadhoni (2022) PERAN GURU BIMBINGAN KONSELING TERHADAP POTENSI PELANGGARAN KETERTIBAN DAN KEDISIPLINAN SISWA SMP DI PONDOK PESANTREN AL-MAHRUSIYAH III NGAMPEL MOJOROTO KOTA KEDIRI. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Tribakti.
![]() |
Text
Cover.pdf Download (478kB) |
![]() |
Text
Bab 1.pdf Download (369kB) |
![]() |
Text
Bab 2.pdf Download (426kB) |
![]() |
Text
Bab 3.pdf Download (180kB) |
![]() |
Text
Bab 4.pdf Restricted to Registered users only Download (368kB) |
![]() |
Text
Bab 5.pdf Download (99kB) |
![]() |
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (222kB) |
![]() |
Text
Lampiran.pdf Download (2MB) |
Abstract
Peran guru adalah kemampuan seseorang untuk melaksanakan tugasnya yang dapat menghasilkan sesuatu yang memuaskan dalam proses belajar mengajar anak didiknya dalam rangka pembinaan untuk tercapainya tujuan instuisi pendidikan. Bimbingan dan konseling merupakan korelasi konkrit, bimbingan dan konseling ialah proses pemberian bantuan dari seorang ahli (konselor) kepada individu yang membutuhkan bantuan yaitu klien (konseli) dengan tujuan agar klien mampu memperoleh pemahaman yang lebih baik terhadap dirinya, mampu memecahkan permasalahan diri serta mampu mengarahkan diri dalam upaya mengembangkan (optimalisasi) segenap potensi yang di miliki kearah yang lebih baik dari sebelumnya agar dapat meraih kebahagiaan kehidupan. Dari uraian diatas maka penulis melakukan peneltian di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Al Mahrusiyah Ngampel Kota Kediri dengan mengambil fokus penelitian yakni (1) Bagaimana peran bentuk pembinaan Guru Bimbingan Konseling Terhadap Potensi Pelanggaran Ketertiban Dan Kedisiplinan Siswa SMP Di Pondok Pesantren Al-Mahrusiyah III Ngampel Mojoroto Kota Kediri. (2) Bagaimana hasil pembinaan Guru Bimbingan Konseling Terhadap Potensi Pelanggaran Ketertiban Dan Kedisiplinan Siswa SMP Di Pondok Pesantren Al-Mahrusiyah III Ngampel Mojoroto Kota Kediri. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif, yaitu penelitian yang dimaksud untuk memahami fenomena yang terdapat pada subyek penelitian misalnya perilaku, tindakan dan lain sebagainya. Adapun pengumpulan data diperoleh dari hasil wawancara, observasi, dan dokumentasi yang bisa dikaitkan dengan metode kualitatif. Pendekatan ini diarahkan pada latar individu secara utuh.Jadi, dalam hal ini tidak boleh mengisolasi individu atau organisasi kedalam variabel atau hipotetis, tetapi perlu memandangnya sebagai sesuatu keutuhan. Hasil dari penelitian yaitu: (1) Mendidik siswa setiap saat untuk mentaati aturan-aturan yang ditetapkan sekolah untuk mengembangkan karakter siswa dan hal ini dilakukan agar siswa terbiasa dalam mengambil tindakan disiplin serta bentuk dalam penerapannya dilakukan dengan cara melalui bimbingan dengan kemasan keagamaan, pemberian nasihat yang penuh kesabaran dan juga kasih sayang, selain itu juga memberikan uswah khasanah. (2) Diadakannya sosialisasi atau penyuluhan terhadap siswa berupa arahan secara materi maupun cara pelaksanaan hidup disiplin, dengan demikian siswa mendapatkan respon serta perhatian penuh dari guru maupun lingkungannya sehingga siswa dapat belajar hidup disiplin dan mandiri.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan menengah; sekolah tingkat lanjutan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | Ahmad Nashruddin Romadhoni |
Date Deposited: | 14 May 2025 03:38 |
Last Modified: | 14 May 2025 03:38 |
URI: | http://repo.uit-lirboyo.ac.id/id/eprint/2198 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |