PANDANGAN ABDULLAH NASHIH ULWAN: PENGEMBANGAN KEPRIBADIAN ANAK DALAM KITAB TARBIYATUL AULAD FIL ISLAM

Fu'ad, Achmad Syifa'ul (2024) PANDANGAN ABDULLAH NASHIH ULWAN: PENGEMBANGAN KEPRIBADIAN ANAK DALAM KITAB TARBIYATUL AULAD FIL ISLAM. Undergraduate (S1) thesis, UNIVERSITAS ISLAM TRIBAKTI LIRBOYO KEDIRI.

[img] Text
AWAL.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (397kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (3MB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (489kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (854kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (907kB)

Abstract

Pendidikan adalah wadah untuk menciptakan manusia yang berkualitas. Proses pengembangan kemampuan manusia khususnya tentang kepribadian anak dalam aspek kognitif, afektif dan psikomotorik hendaknya berjalan seimbang. Oleh karenanya diperlukan peran dan tanggung jawab orang tua sebagai pendidik utama dalam mendidik anak dengan baik. Selain itu, adanya keteladanan pendidik. merupakan salah satu cara berpengaruh besar dalam diri anak. Dari pemaparan diatas, maka dapat dirumuskan masalah penelitian sebagai berikut (1) Bagaimana konsep metode pengembangan kepribadian anak menurut Abdullah Nashih Ulwan dalam kitab tarbiyatul aulad fil islam? (2) Bagaimana relevansi metode pengembangan kepribadian anak ditinjau dari psikologi, sosiologi dan religius? Metode penelitan yang digunakan adalah penelitian kepustakaan (library research). Sumber data primer adalah kitab Tarbiyatul Aulad fil Islam, sumber sekundernya diambil dari buku-buku lain, jurnal, artikel dan lain sebagainya yang bersangkutan dan relevan dengan penelitian. Adapun teknis analisis data menggunakan metode descriptive analysis dan content analysis. Hasil dari penelitian ini yaitu: 1. Konsep Pengembangan kepribadian anak yang dipaparkan Abdullah Nashih Ulwan dalam kitabnya yaitu: (a) Mendidik dengan keteladanan. (b). Mendidik dengan kebiasaan. (c). Mendidik dengan nasehat. (d). Mendidik dengan perhatian. (e). Mendidik dengan hukuman. 2. Kitab Tarbiyatul Aulad fil Islam masih relevan dalam pengembangan kepribadian anak ditinjau dari psikologi, sosiologi dan religius anak Secara psikologis yaitu anak mempunyai rasa imitasi yang tinggi. Apabila orang tua senantiasa memberikan teladan yang baik dihadapan anak dan dilakukan terus menerus, maka hal itu akan berpengaruh pada diri anak lambat laun anak akan berprilaku baik, begitu juga sebaliknya. Ditinjau dari sosiologi bahwa manusia merupakan makhluk yang mendidik dan harus dididik. Ia juga sebagai mahluk sosial, yaitu mahluk yang mebutuhkan sesamanya. Agar perkembangannya berjalan secara wajar dan terarah dengan benar. Ditinjau dari religius yaitu orang tua harus menjaga amanat dari Allah SWT. Oleh karena itu ia harus menjaga amanat itu sebaik mungkin. Penjagaan dan perawatan amanat (anak) tersebut dapat dilakukan dengan cara memberikan keteladanan yang baik sesuai dengan aturan agama Islam.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru MI (PGMI)
Depositing User: Mahasiswa 2023 uit
Date Deposited: 14 May 2025 03:26
Last Modified: 14 May 2025 03:26
URI: http://repo.uit-lirboyo.ac.id/id/eprint/2151

Actions (login required)

View Item View Item