Munir, M. Misbakhul (2024) Figur Guru di Era Milenial dalam Perspektif Imam Al Ghozali pada Kitab Bidayatul Hidayah. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Tribakti Lirboyo Kediri.
![]() |
Text
COVER..pdf Download (538kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (187kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB II..pdf Download (3MB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (446kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (312kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (577kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (532kB) |
Abstract
Pada Era perubahan pendidikan pada abad 21 merupakan arus perubahan dan peran peserta didik dan guru sama-sama memegang peranan penting dalam kegiatan pembelajaran. Arus informasi tidak dapat dibendung lagi saat teknologi informasi berkembang. Perubahan paradigma ini cepat diterima dan berdampak pada semua bidang, termasuk pendidikan. Berdasarkan pemaparan diatas maka peneliti mendapatkan dua rumusan masalah (1). Bagaimana figur guru di era milenial dalam perspektif al Ghozali pada kitab Bidayatul Hidayah? Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kepustakaan (library research). Sumber data primer adalah kitab Bidayatul Hidayah, sumber sekundernya diambil dari buku-buku lain, jurnal, artikel dan lain sebagainya yang berkaitan dan relevan dengan penelitian. Adapun teknis analisis data menggunakan metode content analysis. Figur seorang guru di era milenial perspektif Imam al-Ghazali dalam kitab Bidayatul Hidayah, a) kreatif dan inovatif dalam pembelajaran, dalam kitab Bidayatul Bidayah dijelaskan terkait guru yang kreatif dan inovatif masuk pada etika guru yaitu membimbing murid yang rendah IQ-nya dengan semaksimal mungkin. Konsep ini masuk dalam kategori kepribadian guru dalam kompetensi pedagogik dan kompetensi profesional, b.) menjadi Role Model, mempunyai sifat berwibawa, konsep ini sejalan dengan kitab Bidayatul Hidayah, tentang etika seorang guru dan kompetensi kepribadian dalam kompetensi dasar seorang guru di era milenial, c) Responsif , dalam kitab Bidayatul Hidayah konsep ini masuk dalam etika guru ketika menanggapi pertanyaan yang diajukan oleh murid dan berfokus pada penanya juga memahami pertanyaan yang diajukan, kepribadian ini memiliki kaitannya dengan kompetensi yang harus dimiliki oleh seorang guru, yaitu kompetensi pedagogik, d) berjiwa sosial, tidak boleh memiliki sifat sombong dan bersifat tawadhu’, kepribadian ini ada dalam konsep etika guru pada kitab Bidayatul Hidayah dan dalam indikator kompetensi sosial ini, salah satunya seorang guru harus memiliki kemampuan berkomunikasi dengan lingkungan secara efektif, yang menggunakan bahasa santun dan empatik selain itu, seorang guru harus mampu berinteraksi baik secara lisan dan tulisan dan beradaptasi dengan lingkungan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Figur Guru di Era Milenial, Perspektif Imam al Ghozali, Relevansi pada Pendidikan Islam |
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru MI (PGMI) |
Depositing User: | Mahasiswa 2023 uit |
Date Deposited: | 09 Jun 2025 02:06 |
Last Modified: | 09 Jun 2025 02:06 |
URI: | http://repo.uit-lirboyo.ac.id/id/eprint/2148 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |