Nasrulloh, Nasrulloh (2024) Implementasi pendidikan akhlak menurut prespektif kitab tahliyah wa targhib karya sayyid muhammad di pondok pesantren hm al mahrusiyah lirboyo. Undergraduate (S1) thesis, Universitas islam tribakti.
![]() |
Text
pdf kofer.pdf Download (53kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (686kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (604kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Download (744kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Download (781kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (616kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (676kB) |
Abstract
Konsep pendidikan akhlak adalah sebuah pemahaman mendalam yang tersusun secara sistematis mengenai Pendidikan akhlak, yang di dalamnya mencakup tujuan, ruang lingkup, materi dan metode pendidikan akhlak. Latar belakang penelitian ini yaitu mengingat telah banyaknya literasi akhlak yang dibuat dan diajarkan pada lembaga pendidikan, akan tetapi penanaman akhlak tersebut masih belum maksimal, hal ini dibuktikan dengan masih adanya perilaku menyimpang yang dilakukan oleh pelajar, bahkan sampai terjerumus dalam tindak kriminal. Berangkat dari permasalahan-permasalahan yang ada peneliti tertarik untuk mengkaji lebih dalam mengenai bagaimana implementasi pendidikan akhlak menurut perspektif kitab tahliyah wa at-targhib karya Sayyid Muhammad di Pondok Pesantren HM Al-Mahrusiyah Lirboyo, Kediri. Kitab At-tahliyah Wa At-targhib Fi At-Tarbiyah Wa At-Tahdzib adalah salah satu dari berbagai macam kitab akhlak yang biasa diajarkan di kalangan pondok pesantren, kitab ini terdiri dari tiga belas bab yang berisi tentang materi-materi akhlak dan bagaimana cara mendidik jiwa manusia agar mendapatkan kesempurnaan jasmani dan rokhani. Kitab ini di karang oleh seorang ulama yang bernama Sayyid Muhammad bin Alwi Al-Maliki Al-Hasani, beliau salah satu ulama yang terkenal dan disegani di Makkkah. Beliau dilahirkan pada tahun 1365 H bertepatan dengan tahun 1945 M dan wafat pada tahun 1425 H atau 2004 M. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data pada penelitian ini yaitu metode dokumentasi (documentation research methode) dan study pustaka, sedangkan metode analisis data yang digunakan dalam skripsi ini adalah metode deskriptif dan analisis isi (content analisys), hal ini dikarenakan penelitian ini termasuk kedalam penelitian kepustakaan (library research). Focus penelitian yang akan dikaji adalah untuk mengetahui bagaimana konsep pendidikan akhlak dalam kitab At-tahliyah Wa At-targhib Fi At-Tarbiyah Wa At-Tahdzib karya Sayyid Muhammad bin Alwi Al-Maliki Al-Hasani. Hasil dari penelitian ini menyimpulkan bahwa tujuan pendidikan akhlak adalah untuk menanamkan dan memperbaiki perilaku manusia kearah kehidupan yang lebih baik, baik dari sisi jasmani dan rokhani. Kemudian akhlak terbagi menjadi dua yaitu materi tentang akhlak terpuji (mahmudah) dan akhlak tercela (madzmumah) yang dikemas dalam beberapa ruang lingkup yaitu akhlak kepada diri sendiri, akhlak kepada orang tua, akhlak kepada masyarakat, dan akhlak kepada lingkungan atau kepada tanah air. Dari ruang lingkup tersebut kemudian proses pembentukannya dapat disampaikan melalui beberapa metode yaitu metode pembiasan, metode diskusi atau musyawarah, dan metode nasihat.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 200 – Agama > 200 Agama > 205 Etika keagamaan, etika agama |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | Nasrulloh Nasrul Nasrul |
Date Deposited: | 14 May 2025 03:25 |
Last Modified: | 14 May 2025 03:25 |
URI: | http://repo.uit-lirboyo.ac.id/id/eprint/2104 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |