STRATEGI DAN PELAKSANAAN PENDIDIKAN AKHLAK SANTRI BARU DI PONDOK PESANTREN HIDAYATUL MUBTADI’IEN KAMPAR RIAU

Purwanto, Agus Joko (2021) STRATEGI DAN PELAKSANAAN PENDIDIKAN AKHLAK SANTRI BARU DI PONDOK PESANTREN HIDAYATUL MUBTADI’IEN KAMPAR RIAU. Undergraduate (S1) thesis, Institut Agama Islam Tribakti.

[img] Text
COVER.pdf

Download (109kB)
[img] Text
COVER JUDUL.pdf

Download (568kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (216kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (308kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (125kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (411kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (96kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (694kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (109kB)

Abstract

ABSTRAK AGUS JOKO PURWANTO, NIM. 170108883. SKRIPSI. 2021: “Stratedi Dan Pelaksanaan Pendidikan Akhlak Santri Baru Di Pondok Pesantren Hidayatul Mubtadi’ien Kampar Riau”. Pendidikan Agama Islam (PAI), Fakultas Tarbiyah, Institut Agama Islam Tribakti (IAIT) Lirboyo Kediri, Dosen Pembimbing: Dr. A. Jauhar Fuad, M.Pd. Kata Kunci: Strategi Pendidikan Akhlak, Pelaksanaan Pendidikan Akhlak, Santri Baru, Pondok Pesantren Hidayatul Mubtadi’ien Kampar Riau Di zaman yang serba modern ini, kita dihebohkan dengan peristiwa bahwa maraknya anak bangsa yang minim dalam masalah akhlak. Seperti anak yang berani kepada orang tuanya, narkoba, mabuk-mabukan, pergaulan bebas dll. Ironisnya, mereka adalah para Pelajar yang berpendidikan. Seharusnya mereka mempunyai etika/akhlak yang harus menancap dihatinya. Peristiwa tersebut terjadi karena bekal ilmu agama yang sangat sedikit. Bagaimana bangsa ini bisa maju jika anak-anak bangsa kita mengalami krisis moral. Krisis orang pintar yang mempunyai akhlak di sebagian daerah pulau Sumatra menjadi faktor para orang tua memondokkan anaknya. Perbedaan watak/tabi’at menjadi penyebab krisisnya moral didaerah tersebut. Umumnya orang Sumatera itu berwatak keras walaupun banyak juga yang mempunyai hati yang lembut. Salah satu alasan kenapa pesantren masih menjadi pilihan dari masyarakat adalah bahwa ternyata satu diantara orientasi dan tujuan pendidikan pesantren adalah membentuk pribadi yang utuh, mandiri, dan berakhlak tinggi. Dan akhlak tinggi atau mulia itu melebihi kecerdasan maupun kepintaran seseorang. Maka dari itu, pondok pesantren sekarang sangat diminati di dareah tersebut. Dari uraian diatas, maka dapat dirumuskan masalah penelitian sebagai berikut (1) Bagaimana strategi Pondok Pesantren Hidayatul Mubtadi’ien Kampar Riau dalam mendidik santri baru menjadi santri yang berakhlakul karimah? (2) Bagaimana usaha Guru dalam penerapan akhlak santri baru di Pondok Pesantren Hidayatul Mubtadi’ien Kampar Riau? (3) Bagaimana Hasil Pendidikan akhlak di Pondok Pesantren Hidayatul Mubatdi’ien Kampar Riau ? Pada penelitian Skripsi ini, penulis menggunakan penelitian lapangan (field Research) yang bersifat Etnometodologi-kualitatif. Sumber data yang digunakan meliputi sumber primer yakni hasil wawancara yang dilakukan oleh peneliti dengan pimpinan/pengurus, guru/pengajar santri Pondok Pesantren Hidayatul Mubtadi’ien Kampar Riau, serta sumber skunder yang berupa dokumentasi atau arsip Pondok Pesantren terkait kegiatan penelitian. Pelaksanaan penelitian ini di Pondok Pesantren Hidayatul Mubtadi’ien Jalur 02 Ds. Sumber Makmur Kec. Tapung Kab. Kampar Prov. Riau. Adapun pengumpulan data ini dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Hasil dari penelitian yang dilakukan, yaitu: (1) Strategi Dan Pelaksanaan Pendidikan Akhlak Santri Baru di Pondok Pesantren Hidayatul Mubtadi’ien tidak hanya berfokus atau terpusat pada pendidikan di dalam kelas saja, bahkan diluar kelas. Hal itu bisa terlihat dari beberapa aspek. Baik dari lingkungan pesantren, sosial, budaya, dan juga didalam setiap proses kegiatan Pondok Pesantren. (2) Tugas Guru harus dapat memberikan suri tauladan, sabar serta keuletan dalam mendidik para muridnya. Oleh karena itu seorang guru harus memiliki strategi dan pelaksanaan dalam mengajarkan Pendidikan Akhlak kepada santri baru khususnya dan kepada santri lama umumnya. (3) Hasil Pendidikan Akhlak santri baru di Pondok Pesantren Hidayatul Mubtadi’ien sudah baik dengan focus pembelajaran di dalam kelas dan diluar kelas dan didukung pemberian kurikulum Pendidikan akhlaknya dengan materi ajar kitab kuning yang dimulai dari tingkatan kelas yang paling rendah (Ibtidaiyah) sampai pada tingkatan tertinggi (Tsanawiyyah) yang memiliki kurikulum Pendidikan Akhlak sesuai dengan tingkatanya masing-masing.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Subjects: 200 – Agama > 200 Agama > 200 Agama
200 – Agama > 200 Agama > 206 Pemimpin dan organisasi keagamaan
200 – Agama > 200 Agama > 207 Misi dan pendidikan agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Agus Joko Purwanto
Date Deposited: 03 Dec 2022 04:33
Last Modified: 03 Dec 2022 04:33
URI: http://repo.uit-lirboyo.ac.id/id/eprint/198

Actions (login required)

View Item View Item