In'am Falahuddin Muhaimin, IFM (2023) STRATEGI GURU DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGHAFAL JUZ ‘AMMA DI KELAS IV SD PLUS AL ISLAM WONOJOYO GURAH KEDIRI. Undergraduate (S1) thesis, Universitass Islam Lirboyo Kediri.
Text
COVER.pdf Download (2MB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (401kB) |
|
Text
BAB II.pdf Download (651kB) |
|
Text
BAB III.pdf Download (300kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (658kB) | Request a copy |
|
Text
BAB V.pdf Download (260kB) |
Abstract
IN’AM FALAHUDDIN MUHAIMIN. 2023: Strategi Guru dalam Meningkatkan Kemampuan Menghafal Juz ‘Amma melalui Metode An-Nahdliyah di Kelas IV SD Plus Al Islam Wonojoyo Gurah Kediri, Pendidikan Agama Islam, Tarbiyah, UIT Lirboyo Kediri, Dosen Pembimbing Dr. A. Jauhar Fuad, M.Pd. Kata kunci: Strategi guru, kemampuan menghafal juz ‘amma, Metode AnNahdliyah. Dalam proses menghafal, anak tidak hanya dlapat membaca dan berusaha menghafal di luar kepala, akan tetapi juga berusaha untuk menghayati isi bacaan yang telah dibaca dan di hafalnya. Proses menghafal tersebut dapat membaca dengan lancar dan ayat yang dibacanya benar sesuai dengan hukum bacaan tadwidnya. Fokus penelitian yang akan dikaji dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana pelaksanaan program dalam meningkatkan kemampuan menghafal juz ‘amma di kelas IV SD Plus Al Islam Wonojoyo Gurah Kediri? (2) Bagaimana strategi guru dalam meningkatkan kemampuan menghafal juz ‘amma di kelas IV SD Plus Al Islam Wonojoyo Gurah Kediri? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan studi kasus. Analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyusunan data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan, dan triangulasi. Pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian, yaitu: (1) Guru di SD Plus Al Islam Wonojoyo Gurah Kediri memeiliki kurikulum sendiri yang dinamakan kurikulum 3 T (tahfizh, tajwid dan tahsin), di mana kurikulum ini mencoba mengintreagsikan dalam proses pemebalajaran, karena salah satu kendala yang membuat peserat didik kesulitan menghafal juz ‘amma adalah bacaan-bacaan mereka yang masih banyak salah. (2) Guru SD Plus Al Islam Wonojoyo Gurah Kediri menggunakan metode An-Nahdliyah yang di mana salah satu ciri khas dari metode ini adalah dengan menggunakan ketukan, dengan tujuan anak-anak lebih muda memahami panjang pendek dalam bacaan juz ‘amma kemudian peserta didik membaca juz ‘amma secara bersama-sama. Pengunaan metode ini dilakukan dengan tujuan peserat didik memiliki satu irama yang sama sehingga memudahkan ketika menyetorkan hafalan. Saran-saran yaitu: (1) Bagi sekolah hendaknya memberikan perhatian lebih terhadap sarana guru ini yaitu dengan memberikan pelatihan ataupun sertifikasi guru, karena dari hasil penelitian ini guru kratif yang profesional dapat meningkatan motivasi siswa dalam menghafal juz ‘amma. (2) Bagi guru hendaknya selalu membuat rancangan pelaksanaan pembelajaran (RPP) untuk mempersiapkan pembelajaran lebih matang dan melakukan evaluasi pembelajaran guna mengetahui kendala-kendala yang terjadi selama proses pembelajaran berlangsung.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Strategi guru, kemampuan menghafal juz ‘amma, Metode AnNahdliyah. |
Subjects: | 200 – Agama > 200 Agama > 200 Agama 200 – Agama > 200 Agama > 202 Ajaran |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | In'am Falahuddin Muhaimin |
Date Deposited: | 06 Aug 2024 04:25 |
Last Modified: | 06 Aug 2024 04:25 |
URI: | http://repo.uit-lirboyo.ac.id/id/eprint/1877 |
Actions (login required)
View Item |