IMPLEMENTASI METODE DISCOVERY LEARNING PADA PELAJARAN ZADUL MUBTADI DI MADRASAH DINIYAH HIDAYATUL MUBTADIIN AL-MAHRUSIYAH KOTA KEDIRI

DENDI, KURNIA (2023) IMPLEMENTASI METODE DISCOVERY LEARNING PADA PELAJARAN ZADUL MUBTADI DI MADRASAH DINIYAH HIDAYATUL MUBTADIIN AL-MAHRUSIYAH KOTA KEDIRI. Undergraduate (S1) thesis, UNIVERSITAS ISLAM TRIBAKTI LIRBOYO KEDIRI.

[img] Text
COVER SKRIPSI DENDI KURNIA.pdf

Download (224kB)
[img] Text
ISI SKRIPSI DENDI KURNIA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

KURNIA, DENDI, 2023: Implementasi Metode Discovery Learning Pada Pelajaran Zadul Mubtadi Di Madrasah Diniyah Hidayatul Mubtadiin Al�Mahrusiyah Kota Kediri, Pendidikan Agama Islam, Tarbiyah, UIT Kediri, Dosen Pembimbing Dianis Izzatul Yuanita, M.Pd.I Kata Kunci: Metode Discovery Learning, Pelajaran Zadul Mubtadi Keberhasilan suatu pembelajaran sendir dapat diukur dari kemampuan peserta didik dalam memahami materi pelajaran. Kriteria keberhasilan pembelajaran diukur dari sejauh mana peserta didik dapat menguasai materi pelajaran yang disampaikan oleh guru. Pembelajaran dikatakan berhasil apabila sebagian besar peserta didik memahami pelajaran dengan baik. Salah satu faktor yang dapat mempengaruhi keberhasilan belajar peserta didik adalah guru. Guru berperan besar dalam menyusun strategi pembelajaran yang menarik dan menyenangkan agar peserta didik termotivasi untuk berprestasi serta dapat memahami pelajarannya dengan baik.Dari uraian yang telah dipaparkan, maka dapat dirumuskan masalah penelitian sebagai berikut: (1) Bagaimana peran guru dalam menerapkan metode discovery learning di Madrasah Diniyah Hidayatul Mubtadiin Al-mahrusiyah Putra Kota Kediri? (2) Bagaimana dampak yang ditimbulkan dari penerapan metode discovery learning di Madrasah Diniyah Hidayatul Mubtadiin Al-mahrusiyah Putra Kota Kediri? (3) Bagaimana hasil dan hambatan dari pengoptimalan metode pembelajaran discovery learning di Madrasah Diniyah Hidayatul Mubtadiin Al�mahrusiyah Putra Kota Kediri? Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan yang bersifat kualitatif, untuk pendekatan yang digunakan adalah pendekatan studi kasus, sumber data dalam penelitian ini diperoleh melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi, data yang dianalisis menggunakan teori System Social kemudian ditarik kesimpulan. Hasil penelitian yaitu: Metode pembelajaran discovery learning dapat diaplikasikan atau digunakan pada pelajaran kitab zadul mubtadi’ yang meliputi tahap merencanakan tujuan pembelajaran dan identifikasi materi atau topik, antisipasi tantangan dan hambatan, persiapan pertanyaan dan umpan balik, membimbing siswa dalam memecahkan masalah, persiapan yang matang, semua tahapan ini harus dilakukan oleh guru sebelum mengaplikasikan metode discovery learning tersebut. Adapun dampak dari penerapan metode discovery learning pada saat kegiatan implementasi pembelajaran di kelas ialah meningkatnya motivasi belajar, meningkatnya pemahaman konsep, mendorong keterampilan berpikir kritis, meningkatnya keterampilan metakognitif, mendorong kreativitas, meningkatnya transfer pengetahuan. Jadi ada dampak yang signifikan, metode discovery learning membantu mengembangkan keterampilan kognitif siswa, seperti keterampilan berpikir kritis, pemecahan masalah, dan analisis. Dalam proses mencari solusi sendiri, siswa belajar untuk berpikir secara logis, menghubungkan informasi, dan membuat kesimpulan yang berdasarkan pada bukti.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Subjects: 200 – Agama > 200 Agama > 200 Agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Ulin Nuha
Date Deposited: 03 Sep 2024 04:17
Last Modified: 03 Sep 2024 04:17
URI: http://repo.uit-lirboyo.ac.id/id/eprint/1850

Actions (login required)

View Item View Item