iskandar toha, ramadhoni (2023) PENERAPAN METODE ARTIKULASI PADA MATA PELAJARAN AQIDAH AKHLAK DALAM MENUMBUHKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS VII PUTRI MTS ALMAHRUSIYAH LIRBOYO KEDIRI. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Tribakti Lirboyo Kediri.
Text
COVER halamandan abstrak .pdf Download (470kB) |
|
Text
BAB I REV AFTER UJIAN - Salin - Salin - Salin - Salin.pdf Download (231kB) |
|
Text
BAB II REV AFTER UJIAN - Salin - Salin - Salin - Salin - Salin.pdf Download (243kB) |
|
Text
BAB III REV AFTER UJIAN - Salin - Salin - Salin - Salin - Salin.pdf Download (265kB) |
|
Text
BAB IV REV AFTER UJIAN - Salin - Salin - Salin - Salin - Salin (4).pdf Restricted to Registered users only Download (379kB) |
|
Text
BAB V REV dan daftar pustaka.pdf Download (212kB) |
Abstract
ABSTRAK RAMADHONI AHMAD: Penerapan Metode Artikulasi Pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlak Dalam Menumbuhkan Motivasi Belajar Siswa Kelas Vii Putri Mts Al-Mahrusiyah Lirboyo Kediri, Dosen Pembimbing, Drs. Bustanul Arifin, M. Pd. I Kata Kunci: Metode Artikulasi, Aqidah Akhlak, Motivasi Belajar Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan metode artikulasi dalam mata pelajaran Aqidah Akhlak dan mengamati pengaruhnya terhadap motivasi belajar siswa kelas VII Putri di MTs Al-Mahrusiyah Lirboyo Kediri. Latar belakang penelitian ini didasarkan pada pentingnya motivasi belajar dalam meningkatkan prestasi akademik siswa. Penelitian ini memfokuskan pada mata pelajaran Aqidah Akhlak karena materi ini memiliki nilai-nilai moral dan etika yang penting bagi perkembangan holistik siswa. Dari uraian diatas, maka dapat dirumuskan masalah penelitian sebagai berikut, 1) Bagaimana pembelajaran menggunakan metode artikulasi di kelas VII MTs Al- Mahrusiyah Lirboyo Kediri semester ganjil tahun ajaran 2022/2023? 2) Bagaimana dampak pembelajaran menggunakan metode artikulasi dalam Menumbuhkan motivasi dan akidah akhlak belajar siswa kelas VII MTs Al-Mahrusiyah Lirboyo Kediri semester ganjil tahun ajaran 2022/2023? Tujuan penelitian ini adalah untuk mengeksplorasi dan memahami penerapan metode artikulasi dalam pembelajaran mata pelajaran Aqidah Akhlak di kelas VII Putri MTs Al-Mahrusiyah Lirboyo Kediri, Mengevaluasi pengaruh penerapan metode artikulasi terhadap motivasi belajar siswa dan mengamati perubahan dalam partisipasi siswa, minat dalam mempelajari materi, dan pemahaman mereka tentang nilai-nilai aqidah dan akhlak setelah menerapkan metode artikulasi. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dengan melibatkan 30 siswa kelas VII Putri. Penelitian dilaksanakan dalam empat siklus, di mana setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Metode artikulasi digunakan sebagai pendekatan dalam mengajar mata pelajaran Aqidah Akhlak, di mana siswa diajak untuk aktif berpartisipasi dalam diskusi, mengungkapkan pendapat, dan mengembangkan pemahaman mereka melalui berbagai kegiatan interaktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode artikulasi dalam mata pelajaran Aqidah Akhlak memiliki pengaruh yang positif terhadap motivasi belajar siswa. Selama penelitian, terjadi peningkatan partisipasi aktif siswa, minat mereka dalam mempelajari materi, dan pemahaman yang lebih mendalam tentang nilai-nilai aqidah dan akhlak. Selain itu, peningkatan motivasi belajar siswa juga tercermin dalam peningkatan prestasi akademik mereka.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 200 – Agama > 200 Agama > 200 Agama 200 – Agama > 200 Agama > 201 Mitos keagamaan dan teologi sosial |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | ahmad madon ahmad |
Date Deposited: | 06 Aug 2024 04:28 |
Last Modified: | 06 Aug 2024 04:28 |
URI: | http://repo.uit-lirboyo.ac.id/id/eprint/1794 |
Actions (login required)
View Item |