Penerapan Metode Sorogan Dalam Memahami Kitab Kuning Di Pondok Pesantren HM. Syarif Hidayatullah Lirboyo

Baehaqi, Baehaqi (2023) Penerapan Metode Sorogan Dalam Memahami Kitab Kuning Di Pondok Pesantren HM. Syarif Hidayatullah Lirboyo. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Tribakti Lirboyo.

[img] Text
cover.pdf

Download (448kB)
[img] Text
bab 1.pdf

Download (342kB)
[img] Text
bab 2.pdf

Download (441kB)
[img] Text
bab 3.pdf

Download (130kB)
[img] Text
bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (379kB)
[img] Text
bab 5.pdf

Download (249kB)
[img] Text
daftar pustaka.pdf

Download (303kB)
[img] Text
lampiran.pdf

Download (806kB)

Abstract

ABSTRAK Baehaqi, Penerapan Metode Sorogan dalam Memahami kitab Kuning Di Pondok Pesantren HM. Syarif Hidayatullah Lirboyo, Pendidikan Agama Islam Tribakti Kediri. Dosen Pembimbing Siti Wahyuni, M.Pd.I Kata Kunci: Metode Sorogan, Kitab Kuning Kitab-kitab yang dijadikan rujukan dikenal dengan sebutan kitab kuning atau kitab gundul. Disebut demikian karena biasanya dicetak di atas kertas berwarna kuning dan tidak diberi tanda baca (syakal) sama sekali, dan hanya orang-orang yang mengerti ilmu nahwu dan shorof yang dapat membacanya dan mengerti dari konteks tersebut, maka terdapat metode sorogan yang kaitannya dengan efektivitas dalam pembelajaran kitab kuning. Namun demikian masih banyak kesulitan dalam membaca kitab kuning oleh keterkaitan penggunaan metode sorogan sangat dipertahankan selanjutnya dengan sorogan dapat memperoleh hasil yang maksimal kemampuan membaca kitab kuning bagi santri. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) Bagaimana Penerapan Metode Sorogan dalam Memahami Kitab Kuning untuk tingkat Ibtidaiyyah di Pondok Pesantren HM. Syarif Hidayatullah Lirboyo. 2) Bagaimana Penerapan Metode Sorogan dalam Memahami Kitab Kuning untuk tingkat Tsanawiyyah di Pondok Pesantren HM. Syarif Hidayatullah Lirboyo. Rancangan penelitian ini diantaranya, penelitian lapangan (field research). Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data didasarkan pada pertimbangan pemberi informasi dan teknik pengambilan sumber data primer dan sumber data skunder. Informannya adalah Guru, Ustadz dan Santri senior. Teknik pengumpulan datanya dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Pengujian keabsahan data dengan triangulasi. Sedangkan analisis data yaitu reduksi data, penyajian data penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1). Penerapan metode sorogan kitab tingkat ibtidaiyyah dilaksanakan dalam satu ruangan dengan menggunakan kitab sulamut taufiq sebagai kitab pedoman. penerapan metode sorogan untuk tingkat ibtidaiyyah ini didasarkan pada tujuan pengajaran pembacaan tulisan arab yang tanpa harakat, dengan menitik beratkankan gramatika bahasa Arab, seperti nahwu, sharaf, dan mufradatnya, 2). Penerapan metode sorogan di tingkat tsanawiyyah hampir sama dengan tingkat ibtidaiyyah perbedaannya adalah kitab pedoman yang digunakan yaitu kitab fathul qarib, dengan lebih memfokuskan pemahaman dan penjabaran masalah-masalah di kitab yang mereka baca.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Subjects: 200 – Agama > 200 Agama > 203 Praktik keagamaan lainnya
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Santoso Santoso
Date Deposited: 05 Aug 2024 03:59
Last Modified: 05 Aug 2024 03:59
URI: http://repo.uit-lirboyo.ac.id/id/eprint/1730

Actions (login required)

View Item View Item