PENGARUH KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU TERHADAP PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK DI PONDOK PESANTREN DARUSSALAM LIRBOYO

dina, roisatul hasnah (2023) PENGARUH KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU TERHADAP PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK DI PONDOK PESANTREN DARUSSALAM LIRBOYO. Masters (S2) thesis, Universitas Islam Tribakti Lirboyo Kediri.

[img] Text
BAB I.pdf

Download (559kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (622kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (884kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (933kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (662kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (566kB)

Abstract

ABSTRAK DINA, ROISATUL HASANAH, 2023: Pengaruh Kompetensi Pedagogik Guru Terhadap Prestasi Belajar Peserta Didik di Pondok pesantren Darussalam Lirboyo, Pendidikan Agama Islam, Program Pascasarjana UIT Lirboyo Kediri, Dosen Pembimbing Dr. H. Hamam, M. Pd dan Dr. Marita Lailia Rahman, M.Pd.I. Kata Kunci: Kompetensi Pedagogik Guru, Prestasi Belajar Peserta Didik Pendidikan di Indonesia dinyatakan kurang berhasil, dinilai kurang dari aspek pedagogis. Sehingga permasalahan terkait kompetensi pedagogik guru perlu mendapatkan perhatian karena kompetensi pedagogik merupakan kompetensi khas dalam mengelola pembelajaran yang akan menentukan tingkat keberhasilan peserta didiknya yang diwujudkan dengan prestasi belajar. Guru di pondok pesantren diharapkan juga dapat menguasai kompetensi pengajaran agar dapat meningkatkan kualitas dan mutu pembelajaran. Atas dasar latar belakang tersebut peneliti mengajukan pertanyaan penelitian sebagai berikut (1) Bagaimana kompetensi pedagogik guru di pondok pesantren Darussalam Lirboyo? (2) Bagaimana prestasi belajar peserta didik pada mata pelajaran fiqih di pondok pesantren Darussalam Lirboyo? (3) Adakah pengaruh antara kompetensi pedagogik terhadap prestasi belajar peserta didik pada mata pelajaran fiqih di pondok pesantren Darussalam Lirboyo? Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan teknik korelasional terhadap data-data kuantitatif yang diperoleh dari objek penelitian yaitu peserta didik pada rentang usia 17-24 tahun di pondok pesantren Darussalam Lirboyo. Sampel penelitian ini adalah sebanyak 68 responden dari total 290 populasi pada semester genap tahun ajaran 2022-2023. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik angket/kuisioner, observasi dan dokumentasi. Jenis analisis data yang digunakan adalah uji regresi sederhana untuk mencari pengaruh antara kompetensi pedagogik guru dan prestasi belajar peserta didik. Hasil dari penelitian ini adalah (1) Kompetensi pedagogik guru di pondok pesantren Drarussalam Lirboyo tergolong baik. Hal ini dibuktikan dengan analisis deskriptif yang diperoleh dari data hasil angket. Frekuensi tertinggi berada pada kategori “sedang” dengan persentase 50% yang terdiri dari 5 kategori yaitu sangat tinggi, tinggi, sedang, rendah, dan sangat rendah. (2) Prestasi belajar peserta didik pada mata pelajaran fiqih berada pada taraf tinggi dengan nilai rata-rata 81,32%. (3) Tidak terdapat pengaruh antara kompetensi pedagogik guru terhadap prestasi belajar peserta didik pada mata pelajaran fiqih di pondok pesantren Darussalam Lirboyo. Hal ini dibuktikan berdasarkan hasil uji t sebesar 0,589 lebih besar dari r tabel yaitu 0, 235 untuk taraf kesalahan 0,05. Dengan n=68 berarti (0,859 ≥ 0,235), artinya jika t hitung lebih besar dari t tabel maka Ho diterima dan Ha ditolak. Sedangkan pengaruh kompetensi pedagogik guru terhadap prestasi belajar peserta didik berdasarkan tabel model summary terdapat 5% dan sisanya sebanyak 95% dipengaruhi oleh variabel-variabel lain yang tidak diteliti.

Item Type: Thesis (Masters (S2))
Subjects: 200 – Agama > 200 Agama > 203 Praktik keagamaan lainnya
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru MI (PGMI)
Depositing User: M. Pd Pascasarjana Tribakti
Date Deposited: 05 Aug 2024 03:08
Last Modified: 05 Aug 2024 03:08
URI: http://repo.uit-lirboyo.ac.id/id/eprint/1657

Actions (login required)

View Item View Item