Implementasi Metode Literasi Dalam Meningkatkan Hasil belajar Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) Pada Siswa MTs Darussyafa’at Kecamatan Lempuing Kabupaten Oki Sumatera Selatan

Ma'ruf, Muhammad Ali (2023) Implementasi Metode Literasi Dalam Meningkatkan Hasil belajar Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) Pada Siswa MTs Darussyafa’at Kecamatan Lempuing Kabupaten Oki Sumatera Selatan. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Tribakti Lirboyo Kediri.

[img] Text
1. cover.pdf

Download (155kB)
[img] Text
2. pernyataan keaslian tulisan.pdf

Download (313kB)
[img] Text
3. PERSETUJUAN pembimbing.pdf

Download (269kB)
[img] Text
4. pengesaahan skripsi.pdf

Download (310kB)
[img] Text
5. DAFTAR ISI.pdf

Download (120kB)
[img] Text
6. ABSTRAK.pdf

Download (647kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (863kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (784kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (415kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (319kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (438kB)

Abstract

Kata Kunci: Metode Literasi, Hasil Belajar, Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) Di era globalisasi saat ini perkembangan teknologi semakin pesat, tidak jarang orang-orang khususnya para remaja dan anak-anak kurang tepat dalam memanfaatkan teknologi dan buku sehingga dapat menimbulkan suatu masalah akibat mengakses konten-konten negatif, oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya pemerintah dan sekolah dalam menciptakan kegiatan yang lebih produktif yang dapat mencegah generasi saat ini dari hal-hal negatif. Berbagai jenis literasi saat ini sedang ramai dibicarakan orang dalam dunia bisnis maupun pendidikan, diantaranya ada istilah literasi kesehatan, literasi finasial, literasi digital, literasi data, litersai kritikal, litersai visual, literasi teknologi, literasi statistik, literasi informasi, dan lain sebagainya. Adapun tujuanya yakni: 1) Untuk mengetahui upaya yang tepat bagi pendidik dalam meningkatkan minat baca melalui Metode Literasi Terhadap Hasil Belajar Sejarah Kebudayaan Islam Pada Siswa MTs Darussyafa’at. 2) Untuk Mengetahui Dampak Hasil Belajar Sejarah Kebudayaan Islam Pada Siswa MTs Darussyafa’at. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif, data diambil dari MTs Darussyafa’at Tugu Jaya, Kepala sekolah, guru SKI (Sejarah Kebudayaan Islam), Siswa MTs dan sumber lain yang terkait dengan menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini yaitu dengan adanya program Implementasi Metode Literasi Dalam Meningkatkan Hasil belajar Sejarah Kebudayaan Islam di MTs Darussyafa’at Kecamatan Lempuing Kabupaten Oki Sumatera Selatan, memberikan pengaruh positif kepada siswa dalam aspek minat baca, kemampuan berpikir kritis, dan pembentukan karakter siswa, Dengan indikator peningkatan minat baca: seringnya siswa Mts kelas I, II ataupun kelas III datang ke perpustakaan, seringnya siswa kelas III datang untuk meminjam buku, dan antusias siswa kelas III Mts membawa buku miliknya ke sekolah. Indikator peningkatan kemampuan berpikir kritis: keterampilan memfokuskan kepada pelajaran yang di pelajari, mengumpulkan informasi, mengingat, mengorganisasikan, mengintegerasikan, dan mengevaluasi.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Subjects: 200 – Agama > 200 Agama > 200 Agama
400 – Bahasa (Bahasa Indonesia dikelas 499) > 410 Linguistik > 410 Linguistik
500 – Ilmu Pengetahuan > 500 Ilmu pengetahuan > 507 Pendidikan, penelitian, topik terkait ilmu pengetahuan alam
500 – Ilmu Pengetahuan > 500 Ilmu pengetahuan > 509 Sejarah, perlakuan geografis, biografi
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: S.Sos MUHAMMAD ARVIN FARIZA
Date Deposited: 05 Aug 2024 03:09
Last Modified: 05 Aug 2024 03:09
URI: http://repo.uit-lirboyo.ac.id/id/eprint/1654

Actions (login required)

View Item View Item