Rahayu, Wiwit Puji (2023) Pengaruh Metode Scramble Pada Hasil Belajar Siswa Dalam Mata Pelajaran Bahasa Jawa Kelas 4 Di MI Nurul Huda Punjul Kabupaten Kediri. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Tribakti Lirboyo Kediri.
Text
1. COVER.pdf Download (134kB) |
|
Text
2. PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN.pdf Download (124kB) |
|
Text
3. PERSETUJUAN PEMBIMBING.pdf Download (45kB) |
|
Text
4. PENGESAHAN SKRIPSI.pdf Download (182kB) |
|
Text
5. DAFTAR ISI.pdf Download (290kB) |
|
Text
6. ABSTRAK.pdf Download (715kB) |
|
Text
7. BAB I.pdf Download (693kB) |
|
Text
8. BAB II.pdf Download (630kB) |
|
Text
9. BAB III.pdf Download (768kB) |
|
Text
10. BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (756kB) |
|
Text
11. BAB V.pdf Download (592kB) |
|
Text
12. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (653kB) |
Abstract
Kata Kunci: Metode Scramble, Hasil Belajar Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi pengaruh metode Scramble terhadap hasil belajar siswa dalam mata pelajaran Bahasa Jawa menggunakan metode penelitian kuantitatif. Metode Scramble adalah salah satu pendekatan pembelajaran yang melibatkan pengacakan urutan materi atau konsep pembelajaran untuk memperkuat pemahaman dan retensi siswa. Penelitian ini menggunakan desain penelitian kuasi-eksperimen dengan kelompok kontrol acak. Sampel penelitian terdiri dari dua kelompok, yaitu kelompok eksperimen yang mengikuti pembelajaran menggunakan metode Scramble dan kelompok kontrol yang mengikuti pembelajaran dengan metode konvensional. Data hasil belajar siswa dikumpulkan melalui tes tulis yang dirancang khusus untuk mengukur pemahaman dan penguasaan materi Bahasa Jawa. Berdasarkan hasil analisis data, ditemukan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara kelompok eksperimen yang menggunakan metode Scramble dan kelompok kontrol yang menggunakan metode konvensional. Kelompok yang mengikuti pembelajaran dengan metode Scramble menunjukkan peningkatan yang lebih signifikan dalam hasil belajar mereka dibandingkan dengan kelompok kontrol. Hal ini menunjukkan bahwa penggunaan metode Scramble dapat meningkatkan pemahaman dan penguasaan siswa dalam mata pelajaran Bahasa Jawa. Penelitian ini memiliki implikasi penting dalam konteks pengembangan metode pembelajaran Bahasa Jawa. Metode Scramble dapat dijadikan sebagai alternatif metode pembelajaran yang efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian selanjutnya dapat menggali lebih dalam faktor-faktor ang mempengaruhi keefektifan metode Scramble serta membandingkannya dengan metode pembelajaran lainnya dalam konteks mata pelajaran Bahasa Jawa atau mata pelajaran lainnya.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Sekolah dan aktivitasnya; pendidikan khusus 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan dasar 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 375 Kurikulum |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru MI (PGMI) |
Depositing User: | S.Sos MUHAMMAD ARVIN FARIZA |
Date Deposited: | 05 Aug 2024 03:01 |
Last Modified: | 05 Aug 2024 03:01 |
URI: | http://repo.uit-lirboyo.ac.id/id/eprint/1645 |
Actions (login required)
View Item |