IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA BELAJAR DALAM KARAKTER KEBHINEKAAN GLOBAL DI MTS RAUDLATUT THALABAH KOLAK NGADILUWIH

RASMAN, NUR RAAFITTA SUCI (2023) IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA BELAJAR DALAM KARAKTER KEBHINEKAAN GLOBAL DI MTS RAUDLATUT THALABAH KOLAK NGADILUWIH. Undergraduate (S1) thesis, UNIVERSITAS ISLAM TRIBAKTI LIRBOYO KEDIRI.

[img] Text
Halaman pertama.pdf

Download (421kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (406kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (510kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (346kB)
[img] Text
BAB IV .pdf
Restricted to Registered users only

Download (663kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (325kB)

Abstract

Kurikulum merdeka merupakan suatu konsep kurikulum yang direncanakan oleh kemendikbudristek sebagai upaya untuk memberikan kebebasan pada sekolah, guru- guru, murid- murid agar berinovasi dalam menentukan isi, metode dan pelaksanaan pembelajaran yang disesuaikan dengan kondisi local dan kebutuhan siswa. Uraian diatas tadi sepadan arahan presiden republic indonesia joko Widodo dan wakil presiden Indonesia ma’ruf amin yaitu untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia oleh sebab itu kemendikbudristek merencanakan reformasi system Pendidikan Indonesia melalui kebijakan merdeka belajar Dari uraian diatas maka peneliti memfokuskan masalah penelitian sebagai berikut:1) Bagaimana perencanaan implementasi kurikulum merdeka dalam karakter kebhinekaan global di MTs Raudlatut Thalabah Kolak Ngadiluwih? 2) Bagaiaman pelaksanaan implementasi kurikulum merdeka dalam karakter kebhinekaan global di MTs Raudlatut Thalabah Kolak Ngadiluwih? 3) Bagaimana evaluasi implementasi kurikulum merdeka dalam karakter kebhinekaan global di MTs Raudlatut Thalabah Kolak Ngadiluwih? Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field researdh) dengan menggunakan model penelitian kualitatif dengan metode pendekatan fenomenologi. Ide penting dari penelitian lapangan adalah peneitian datang langsung ke lapangan dengan melakukan pengamatan , observasi, wawancara dan dokumnetasi sebagai upaya untuk menjelaskan bagaimana perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi implementasi kurikulum merdeka dalam karakter kebhinekaan global di MTs Raudlatut Thalabah Kolak Ngadiluwih. Hasil penelitian implementasi kurikulum merdeka dalam karakter kebhinekaan global di MTs Raudlatut Thalabah Kolak Ngadiluwih, yaitu: 1) Perencanaan, disusun melalui musyawaroh seluruh guru baik guru mata pelajaran, waka kurikulum dan ketua Yayasan dan berpedoman pada kurikulum operasional satuan Pendidikan (KOSP) .2) Pelaksanaan dilaksanakan satu hari dalam satu minggu di minggu terakhir, didalam satu bulan otomatis madrasah dapat melaksanakan mapel projek dalam enam kali pertemuan. 3) Evaluasi, dilakukan oleh kepala sekolah setiap akhir semester melalui pengamatan dan observasi. Apasaja yang harus dievaluasi yaitu mapel inti lebih inovasi dalam pembelajaran metode dan stategi dalam pembelajaran harap disiapkan dengan matang.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 375 Kurikulum
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: NUR RAAFITTA SUCI Rasman
Date Deposited: 06 Aug 2024 04:48
Last Modified: 06 Aug 2024 04:48
URI: http://repo.uit-lirboyo.ac.id/id/eprint/1633

Actions (login required)

View Item View Item