Peran Mustahiqoh dalam meningkatkan pembelajaran Kitab kuning siswi Ibtidaiyah di Madrasah Hidayatul Mubtadi-aat Fittahfizhi Wal Qiro-aat Lirboyo Kediri

Masfufah, Siti (2023) Peran Mustahiqoh dalam meningkatkan pembelajaran Kitab kuning siswi Ibtidaiyah di Madrasah Hidayatul Mubtadi-aat Fittahfizhi Wal Qiro-aat Lirboyo Kediri. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Tribakti.

[img] Text
COVER.pdf

Download (66kB)
[img] Text
MOTTO dkk.pdf

Download (102kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (73kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (490kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (593kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (625kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (555kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (689kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (911kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (95kB)

Abstract

Pendidikan sudah semakin berkembang pesat tidak hanya di sekolah formal saja, akan tetapi juga di lembaga-lembaga pendidikan non formal. Pendidikan adalah sebuah sistem yang mempunyai beberapa komponen yang tidak bisa dipisahkan satu sama lain. Salah satu komponen pendidikan yang tidak bisa dihilangkan adalah guru atau pendidik. Tujuan dari pendidikan yaitu mencerdaskan kehidupan bangsa dan mengembangkan potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman, bertakwa, berakhlak mulia, dan memiliki pengetahuan luas. Ciri khas yang ada dalam pondok pesantren adalah menggunakan sistem pembelajaran kitab salaf atau kitab kuning. Kegiatan pembelajaran tidak terlepas dari peran guru atau mustahiq/oh. Terutama pendidikan agama Islam peran mustahiq/oh sangatlah penting. Dari uraian diatas, maka dapat dirumuskan fokus penelitian sebagai berikut (1) Bagaimana peran mustahiqoh dalam meningkatkan pembelajaran kitab kuning siswi ibtidaiyah? (2) Bagaimana upaya mustahiqoh dalam meningkatkan pembelajaran kitab kuning siswi ibtidaiyah? (3) Kendala apa saja yang dihadapi siswi ibtidaiyah dalam pembelajaran kitab kuning? Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) Mengetahui peran mustahiqoh dalam meningkatkan pembelajaran kitab kuning; (2) Mengetahui upaya mustahiqoh dalam meningkatkan pembelajaran kitab kuning; (3) Mengetahui kendala-kendala yang dihadapi siswi ibtidaiyah dalam pembelajaran kitab kuning. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Penelitian ini lebih terfokuskan pada kata-kata deskriptif daripada angka. Informasi yang peneliti dapat berasal dari hasil observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian, yaitu: (1) Peran mustahiqoh dalam meningkatkan pembelajaran kitab kuning adalah mengajar, mendidik, membimbing, memotivasi dan menjadi suri teladan bagi anak didiknya. (2) Upaya yang dilakukan mustahiqohdalam meningkatkan pembelajaran kitab kuning siswi ibtidaiyah adalah denganmenerapkan metode sorogan, bandongan, musyawaroh atau diskusi dan metode afalan. Selain itu mustahiqoh setiap minggunya memberikan soal evaluasi terkaitmateri yang telah dipelajari. (3) Kendala yang dihadapi siswi dalam pembelajaran kitab kuning berasal dari beberapa faktorya itu faktor kemampuan seperti kurang menguasai ilmu alat, kosa kata dan lain-lain, kurangnya minat dan motivasidalambelajar dan faktor lingkungan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: S.Pd M. Syahrizal Niqie
Date Deposited: 14 Dec 2023 02:09
Last Modified: 14 Dec 2023 02:09
URI: http://repo.uit-lirboyo.ac.id/id/eprint/1563

Actions (login required)

View Item View Item