Wakhidah, Tutik (2023) Strategi pembelajaran fashohah dan penanganan kesulitan belajar dalam mempelajari cara baca Al-Qur'an pada santri baru Pondok Pesantren Putri Tahfizhil Qur'an Lirboyo Kota Kediri. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Tribakti.
Text
COVER.pdf Download (76kB) |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (78kB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (483kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (604kB) |
|
Text
BAB II.pdf Download (578kB) |
|
Text
BAB III.pdf Download (575kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (588kB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (502kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (93kB) |
Abstract
Pada dasarnya pembelajaran fashohah merupakan pembelajaran yang sangat dasar yang diperuntukkan oleh santri baru di Pondok Pesantren Putri Tahfizhil Qur’an Lirboyo Kota Kediri, pembelajaran fashohah sangantlah membantu dalam meningkatkan kualitas belajar santri yang baru belajar Al Qur’an karena didalamnya memuat antara lain dasar-dasr huruf hijaiyah. Mengingat begitu pentingnya peran Al qur’an dalam kehidupan umat islam menjadi kewajiban bagi setiap orang islam untuk memahami memepelajari Al qur’an, minimal memiliki kemampuan dasar untuk membaca Al Qur’an. Penerapan pembelajaran fashohah dengan musyafahah atau tatap muka secara langsung dengan memebemtuk halaqoh atau berkelompok kemudia santri membaca satu persatu, ketika nanati ada kekeliruan pada bacaan santri maka penyimak langsung membenarkanbacaan santri tersebut. Maka dari itu dengan adanya pembelajaran Fashohah sangat membantu khususnya bagi santri pemula yang sedang belajar membaca Al qur’an guna mengatasi kesulitan dalam belajar membaca Al Qur’an. Dari uraian diatas, maka dapat dirumuskan fokus penelitian yakni,1) Bagaimana pelaksanaan pembelajaran Fashohah di Pondok Pesantren Putri Tahfizhil Qur’an Lirboyo Kota Kediri? 2) Bagaimana cara mengatasi kesulitan membaca Al Qur’an di Pondok Pesantren Putri Tahfizhil Quran? Dengan demikian tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran Fashohah dan mengatasi kesulitan belajar membaca Al Qur’an di Pondok Pesantren Putri Tahfizhil Qur’an Lirboyo Kota Kediri. Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif, dengan menggunakan penelitian lapangan. Pendekatan yang dilakukan dalam penelitian ini adalah pendekatan deskriptif kualitatif. Pelaksanaan penelitian di Pondok Pesantren Putri Tahfizhil Qur’an Lirboyo Kota Kediri, pengumpulan data menggunakan observasi wawancara dan dokumentasi. Hasil dari pelaksanaan pembelajaran Al Qur’an dengan menggunakan fashohah lebih efektif karna menggunakan sistem musyafahah atau bertatap muka langsung karna dengan sistem ini penyimak mampu mengetahui langsung kemampuan santri dalam belajar memebaca Al Qur’an dan penyimak langsung membenarkan bacaan santri ketika nanti ada kekeliruan dalam bacaan, kemudian cara mengatasi kesulitan dalam belajar Al Quran yaitu dengan pendekatan karakter santri, metode pengulanagn, perlibatan santri dan penggabungan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | S.Pd M. Syahrizal Niqie |
Date Deposited: | 14 Dec 2023 02:20 |
Last Modified: | 14 Dec 2023 02:20 |
URI: | http://repo.uit-lirboyo.ac.id/id/eprint/1536 |
Actions (login required)
View Item |