Implementasi pembelajaran menggunakan puzzle pada mata pelajaran matematika penjumlahan kelas 2 di MIN 1 KOTA KEDIRI

Ma'rifah, Imroatul (2023) Implementasi pembelajaran menggunakan puzzle pada mata pelajaran matematika penjumlahan kelas 2 di MIN 1 KOTA KEDIRI. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam tribakti lirboyo kediri.

[img] Text
motto imroatul ma'rifah 192601830.pdf

Download (526kB)
[img] Text
skripsi imoatul ma'rifah 192601830.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Marifah, Imroatul. 2023 : Implementasi Pembelajaran Menggunakan Puzzle Pada Mata Pelajaran Matematika Penjumlahan Kelas II di MIN 1 Kota Kediri. Pendidkan Guru Madrasah Ibtidaiyyah, Tarbiyah, UIT Kediri. Dosen Pembimbing Drs. Miftahuddin, M.Pd Kata Kunci: Implementasi Pembelajaran, Puzzle Penerapan pembelajaran menggunakan puzzle pada pelajaran matematika adalah sebuah proses dan program untuk menumbuhkan keaktifan pada diri peserta didik serta untuk mengembangkan sifat respon cepat tanggap terhadap permasalahan yang di hadapi agar bisa terpecahkan dengan mudah. Maka salah satu upaya yang dilakukan di MIN 1 Kota Kediri ini, yaitu menerapkan pembelajaran menggunakan matematika menggunakan puzzle. Dari uraian diatas, maka dapat di rumuskan masalah penelitian sebagai berikut (1) Bagaimana proses pembelajaran menggunakan puzzle pada mata pelajaran matematika penjumlahan kelas II di MIN 1 Kota Kediri? (2) Bagaimana penerapan pembelajaran menggunakan puzzle pada mata pelajaran matematika penjumlahan kelas II di MIN 1 Kota Kediri? (3) Bagaimana evaluasi pembelajaran menggunakan puzzle pada mata pelajaran matematika penjumlahan kelas II di MIN 1 Kota Kediri? Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang dilakukan secara wajar dan natural sesuai dengan kondisi objektif dilapangan tanpa adanya manipulasi, serta jenis data yang dikumpulkan terutama data kualitatif. Jenis Penelitian ini menggunakan Studi Kasus dimana dilakukan studi yang bersifat komprehensif, intent, rinci dan mendalam. Penelitian ini di lakukan di MIN 1 Kota Kediri. Teknik pengumpulan data dalam skripsi ini di lakukan dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penlitian, yaitu (1) Perencanaan pembelajaran dengan menggunakan puzzle di MIN 1 Kota Kediri ini belum berjalan dengan maksimal, Meskipun begitu di MIN 1 ini sedikit demi sedikit mulai memaksimalkan metode puzzle ini sebagai tolak ukur untuk mengetahui capaian pengetahuan siswa. (2) Pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan puzzle di MIN 1 Kota Kediri ini nantinya berupa potongan-potongan angka, kemudian peserta didik di persilahkan untuk mencocokkan potongan-potongan tersebut secara individu dan puzzle ini juga memiliki banyak manfaat salah satunya adalah sebagai alat peraga untuk memudahkan peserta didik didalam memahami pelajaran matematika penjumlahan yang di berikan guru. (3) Evaluasi yang dilakukan yaitu dengan tes, bisa berupa pilihan ganda ataupun essay, kemudian bisa dengan ulangan harian, uts dan uas. Sangat di harapkan dengan adanya penerapan puzzle ini semoga pembelajaran bisa berjalan kondusif dan maksimal.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru MI (PGMI)
Depositing User: Imroatul Ma'rifah
Date Deposited: 15 Aug 2024 03:56
Last Modified: 15 Aug 2024 03:56
URI: http://repo.uit-lirboyo.ac.id/id/eprint/1521

Actions (login required)

View Item View Item