Implementasi pembelajaran Kitab Fathul Qorib dalam mengoptimalkan beasiswa study luar negeri DI MA Nadzhatut Thullab Prajjan Camplong Sampang

Rosadi, Moh. Iqbal (2022) Implementasi pembelajaran Kitab Fathul Qorib dalam mengoptimalkan beasiswa study luar negeri DI MA Nadzhatut Thullab Prajjan Camplong Sampang. Undergraduate (S1) thesis, Institut Agama Islam Tribakti.

[img] Text
Cover dkk.pdf

Download (837kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (105kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (221kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (303kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (198kB)
[img] Text
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (533kB)
[img] Text
BAB_V.pdf

Download (88kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (148kB)

Abstract

Untuk memperdalam kitab kuning Fathul Qorib sebagai salah satu materi yang menjadi soal tes seleksi baik itu tes membaca kitab, tes tulis, dan pertanyaan-pertanyaan untuk lulus beasiswa perguruan tinggi ke Luar Negeri yaitu Universitas Al-Ahgaf, Yaman dan negara lainnya. Tentunya ada metode-metode yang dilakukan oleh guru untuk menguasai kitab kuning Fathul Qorib baik dari segi membaca, memaknai, menerjemah dan memahami yang dilakukan oleh Madrasah Aliyah (MA) Nazhatut Thullab. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif jenis deskriptif dimana penyajian datanya diformat dalam bentuk narasi yang berisi data-data yang didapat selama melakukan penelitian. Dalam tehnik pengumpulan data peneliti menggunakan tiga tehnik yaitu, dengan cara wawancara, dokumentasi, dan observasi yang kemudian dianalis menggunakan tiga tahap yaitu, reduksi data, penyajian data dan verifikasi sesuai dengan pedoman metodologi penelitian kualitatif. Implementasi pembelajaran kitab Fathul Qorib yang dilakukan oleh Madrasah Aliyah (MA) Nazhatut Thullab ada dua metode, yang pertama metode sorogan pembelajaran menggunakan metode sorogan sangatlah efektif dan membantu dalam proses belajar mengajar karena selain memudahkan santri dalam menguasai kitab, juga membantu guru dalam mengawasi siswa, karena proses pembelajarannya hanya satu siswa yang maju secara bergantian dengan membawa kitabnya, dan yang kedua menggunakan diskusi Metode ini bertujuan untuk melatih daya nalar dan keaktifan siswa dalam mengoptimalkan literasi membaca dan mengkaji setiap permasalahan secara mendetail. Dalam mengoptimalkan beasiswa study luar negeri di Madrasah Aliyah (MA) Nazhatut Thullab tentunya tidak terlepas dari adanya dua faktor yakni, faktor pendukung dan faktor penghambat, adapun yang menjadi faktor pendukung yaitu ada dua, yang pertama faktor internal yang meliputi minat, dan bakat, yang kedua factor eksternal yaitu, peran guru yang mumpuni, alumni, dan lingkungan pesantren. Kemudian yang menjadi faktor penghambat dalam mengoptimalkan beasiswa study luar negeri ada dua, pertama faktor internal yakni, latar belakang siswa yang berbeda, dan faktor material.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Subjects: 200 – Agama > 200 Agama > 207 Misi dan pendidikan agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Achmad Roysul Rohim
Date Deposited: 14 Dec 2023 02:28
Last Modified: 14 Dec 2023 02:28
URI: http://repo.uit-lirboyo.ac.id/id/eprint/1492

Actions (login required)

View Item View Item