MANAJEMEN PEMBELAJARAN KITAB KUNING DENGAN METODE MUSYAWARAH DI MADRASAH DINIYAH ARRIYADL PUTRI RINGINAGUNG KELING KEPUNG KEDIRI

Tia Nurcahyani Ain, Tia (2023) MANAJEMEN PEMBELAJARAN KITAB KUNING DENGAN METODE MUSYAWARAH DI MADRASAH DINIYAH ARRIYADL PUTRI RINGINAGUNG KELING KEPUNG KEDIRI. Undergraduate (S1) thesis, UIT Lirboyo Kediri.

[img] Text
BAB I.docx

Download (79kB)
[img] Text
BAB II.docx

Download (85kB)
[img] Text
BAB III.docx

Download (74kB)
[img] Text
BAB IV.docx
Restricted to Registered users only

Download (105kB)
[img] Text
BAB V.docx

Download (70kB)

Abstract

ABSTRAK TIA NURCAHYANI AIN, 2023 Manajemen Musyawarah Kitab Kuning Dengan Metode Musyawarah DiMadrasah Diniyah Arriyadl Putri Ringinagung Keling Kepung Kediri, Skripsi: Program Studi Pendidikan Agama Islam Jurusa Tarbiyah. UIT Kediri Tahun Akademik 2022/2023, Dosen Pembimbing; Ibu Khafidhotun Nasikhah, M.Pd.I. Kata kunci: Manajemen pembelajaran, Kitab Kuning, Musyawarah. Manajemen pembelajaran kitab kuning merupakan proses interaksi yang dilakukan oleh pendidik pada peserta didik yang disini merupakan santri yang dimulai dari sebuah perencanaan. Pelaksanaan, dan evaluasi. Manajemen pembelajaran kitab kunai adalam bukti pertanggung jawaban lembaga pendidikan untuk menghasilakan outcomes yang dapat bermanfaat bagi masyarakat luas. Salah satu cara mempermudah untuk memahami konsep manajemen pembelajaran kitab kuning untuk kalangan santri adalah dengan menggunakan metode musyawarah sebagai pelurus pemahaman setiap santri dan juga mempermudah memecahkan permasalahan yang ada. Penelitian dilakukan dengan tujuan untuk: (1) untuk mengetahui perencanaan pembelajaran kitab kuning menggunakan metode musyawarah dimadrasah Arriyadl Putri Ringiagung Keling Kepung Kediri. (2) Untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran kitab kuning dengan metode musyawarag diMadrasah Arriyadl Putri. (3) Untuk mengetahui hasil evaluasi pembelajaran kitab kuning dengan metode musyawarah di Madrasah Arriyadl Putri Keling Kepung Kediri. Skripsi ini menggunakan metode deskriptif dengan data kualitatif. Maka yang menjadi pegangan dalam penelitian ini adalah interpretasi penulis terhadap kegiatan komunikasi antara peneliti dengan guru. Peneliti memilih menggunakan metode penelitian kualitatif untuk menentukan bagaimana mencari, mengumpulkan, mengolah dan menganalisis data dari hasil penelitian tersebut. Hal ini karena pendekatan kualitatif sebagai prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan perilaku yang diamati. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi dan wawancara. Hasil penelitian, yaitu: (1) Perencanaan pembelajaran kitab kuning dengan sistem musyawarah yang identik dengan pondok pesantren maka untuk lebih memperkuat maka diperlukan manajemen yang sesuai dengan kondisi (2) pelaksanaan pembelajaran kitab kuning dengan metode musyawarah sangatlah menarik karena lebih bervariasi dan tidak membosankan. (3) evaluasi setiap pelaksaan sebuah system adalah bagian yang pasti ada dikarenakan untuk mecari inovasi yang lebih bagus agar sesuai dengan visi dan misi.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Manajemen pembelajaran, Kitab Kuning, Musyawarah
Subjects: 200 – Agama > 200 Agama > 207 Misi dan pendidikan agama
Depositing User: S.Pd TIA NURCAHYANI AIN
Date Deposited: 04 Dec 2023 02:49
Last Modified: 04 Dec 2023 02:49
URI: http://repo.uit-lirboyo.ac.id/id/eprint/1478

Actions (login required)

View Item View Item