PENERAPAN ETIKA BISNIS PELAYANAN HOTEL DALAM PRINSIP SYARI’AH

fauzi, ahmad (2021) PENERAPAN ETIKA BISNIS PELAYANAN HOTEL DALAM PRINSIP SYARI’AH. Undergraduate (S1) thesis, institut agama islam tribati kediri.

[img] Text
cover skripsi .pdf

Download (100kB)
[img] Text
ABSTRAK skripsi .pdf

Download (195kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (373kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (325kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (423kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (317kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (122kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (328kB)

Abstract

ABSTRAK Ahmad Fauzi, 2021. “Penerapan etika bisnis pelayanan hotel dalam prinsip syariah(studi kasus hotel RedDoorz Syariah Jl Selomangleng, Pojok, Kecamatan Mojoroto Kota Kediri)”. Skripsi, Strata Satu (S1) Jurusan Perbankan Syariah Institut Agama Islam Tribakti Kediri. Pembimbing: Khairan, S, Sos, M.H. Kata Kunci: Hotel Syariah, Etika Bisnis, Pelayanan Hotel. Seiring dengan semakin berkembangnya ekonomi syariah di Indonesia, saat ini banyak lembaga yang menerapkan prinsip syariah dalam menjalankan usahanya seperti perbankan syariah, asuransi syariah, reksadana syariah, pasar modal syariah hingga sektor bisnis di bidang perhotelan juga menerapkan prinsip syariah. para pelaku bisnis perhotelan harus berusaha untuk memberikan kepuasan kepada pelanggan dengan memberikan kualitas pelayanan yang didampingi etika bisnis Islam. Alhasil, tidak sedikit hotel yang mulai menerapkan prinsip-prinsip syariah dalam menjalankan kegiatan operasional bisnisnya. Di Kediri terdapat Hotel RedDoorz Syariah di Jl Selomangleng, Pojok, Kecamatan Mojoroto Kota Kediri. Hal yang membedakan Hotel RedDoorz Syariah dengan Hotel lainya adalah pelayanan dan fasilitas yang diberikan mencerminkan nilai islami dan bernuansa religi, sesuai dengan prinsip-prinsip syariah yang di tetapkan.. Dari uraian di atas, maka dapat ditentukan fokus penelitian sebagai berikut: Pertama Bagaimana penerapan Hotel RedDoorz Syariah Kota Kediri dalam menggunakan prinsip-prinsip Syariah? Kedua Bagaimana Praktik pelayanan yang diterapakan oleh Hotel RedDoorz Syariah? Penelitian ini menggunakan jenis penelitian studi kasus (Case Study). Studi kasus atau case study adalah bagian dari metode kualitatif yang hendak mendalami suatu kasus tertentu (Hotel RedDoorz Syariah) secara lebih mendalam dengan melibatkan pengumpulan beraneka sumber informasi. Hasil penelitian fokus (1) Penerapan Etika Bisnis Pelayanan Hotel yang menggunakan prinsip syariah, menjadi sebuah landasan dasar dalam menjalankan bisnisnya, baik dalam segi peraturan, pelayanan, dan produk-produknya, dan juga tidak hanya menjadikan prinsiprinsip syariah ini hanya sebuah label akan tetapi benar-benar diterapkan dan dipraktikkan di hotel RedDoorz Syariah tersebut. Hasil penelitian fokus (2) Pelayanan Hotel ReedDoorz Syariah Kota Kediri sudah melakukan yang terbaik dalam pelaksanaannya dan sesuai dengan standard operasional prosedur (SOP). seperti bersikap ramah dan sopan terhadap tamu memberikan pelayanan yang cepat dan dapat diandalkan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 330 Ekonomi > 331 Ekonomi perburuhan, tenaga kerja
Divisions: Fakultas Syariah > Perbankan Syariah
Depositing User: Iaanatul faashichah
Date Deposited: 12 Dec 2022 04:33
Last Modified: 12 Dec 2022 04:33
URI: http://repo.uit-lirboyo.ac.id/id/eprint/147

Actions (login required)

View Item View Item