Pola kepemimpinan pengasuh dalam mengembangkan pondok pesantren daruttaibin Campurdarat Tulungagung

Nurjanah, Syahra (2022) Pola kepemimpinan pengasuh dalam mengembangkan pondok pesantren daruttaibin Campurdarat Tulungagung. Undergraduate (S1) thesis, Institut Agama Islam Tribakti.

[img] Text
COVER DONE.pdf

Download (221kB)
[img] Text
Bab I DONE.pdf

Download (320kB)
[img] Text
BAB II DONE.pdf

Download (177kB)
[img] Text
BAB III DONE.pdf
Restricted to Registered users only

Download (233kB)
[img] Text
BAB IV DONEE.pdf
Restricted to Registered users only

Download (328kB)
[img] Text
BAB V DONE.pdf

Download (145kB)
[img] Text
Daftar Pustaka done.pdf

Download (234kB)

Abstract

NURJANAH, SYAHRA, 2022: Pola Kepemimpinan Pengasuh dalam mengembangkan Pondok Pesantren Daruttaibin Campurdarat Tulungagung. Pendidikan Agama Islam, Tarbiyah, IAIT Kediri, Dosen Pembimbing Syafik Ubaidilla, M. Pd. I. Kata Kunci: Kepemimpinan, Mengembangkan, Pesantren. Pondok Pesantren merupakan suatu lembaga pendidikan Islam yang saat ini berkembang ditengah-tengah kehidupan masyarakat, dengan menggunakan penerapan pada sistem pengajaran pendidikan agama di Pondok ataupun asrama yang mana ada banyak santri dari berbagai daerah yang berniat untuk menimba ilmu agama disana dan memiliki tujuan juga untuk membentuk karakter yang berakhlakul karimah. Kepemimpinan adalah suatu proses yang memberikan pengaruh di dalam menemukan tujuan organisasi, memotivasi perilaku pengikut untuk mencapai tujuannya, dan mempengaruhi dengan memperbaiki kelompok dan budayanya. Dari latar belakang di atas, maka dapat dirumuskan masalah penelitian sebagai berikut (1) Bagaimana pola kepemimpinan pengasuh dalam mengembangkan pondok pesantren Daruttaibin Campurdarat Tulungagung? (2) Bagaimana hasil pola kepemimpinan pengasuh dalam mengembangkan pondok pesantren Daruttaibin Campurdarat Tulungagung? (3) Bagaimana peluang dan hambatan pola kepemimpinan pengasuh dalam mengembangkan pondok pesantren Daruttaibin Campurdarat Tulungagung? Penelitian yang dilakukan peneliti tergolong dalam jenis penelitian kualitatif karena data diambil dari pengamatan langsung di lapangan. Dengan kata lain penelitian kualitatif adalah prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata tertulis atau lisan dari orang dan perilaku yang diamati. Metode deskripsi juga menyampaikan informasi yang detail, Pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dalam penelitian ini melibatkan berbagai pihak seperti pengasuh, dzuriyyah, asatidz/asatidzah, dan santri di Pondok Pesantren Daruttaibin Campurdarat Tulungagung. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pola kepemimpinan pengasuh dalam mengembangkan Pondok Pesantren Daruttaibin Campurdarat Tulungagung, yaitu 1) Pengasuh menerapkan pola kepemimpinan demokratis untuk mengembangkan Pondok Pesantren yang mana pemimpin memberikan wewenang secara luas kepada para bawahannya dan pengasuh memiliki perilaku dua dimensi interaksi sosial yaitu: Dimensi inisiatif dalam kemampuan pemimpin untuk mengarahkan para anggotanya untuk berbuat sesuatu dibidangnya masing-masing. Dan dimensi perhatian dari anggota dalam bentuk keterlibatan anggota organisasi didalam melaksanakan tugas pokoknya. 2) Hasil pola kepemimpinan pondok pesantren yang dipimpin oleh pengasuh Pondok Pesantren Daruttaibin Campurdarat Tulungagung bisa berkembang yaitu bertambahnya jumlah santri disetiap tahunnya, mampu menjawab persoalan yang berada ditengah-tengah masyarakat pada saat ini, adanya perkembangan kurikulum di Pondok Pesantren, kebijakan pembangunan dan perlengkapan sarana dan prasarana Pondok Pesantren Daruttaibin Campurdarat Tulungagung. 3) Peluang pola kepemimpinan pengasuh dalam mengembangkan Pondok Pesantren Daruttaibin Campurdarat Tulungagung antara lain adanya semangat ta’lim wa ta’alum para anak TPQ dan ibu manula, semangat mengajar dari para asatidz/asatidzah dari dalam pondok pesantren, peran aktif dari para wali santri. Hambatan pola kepemimpinan pengasuh dalam mengembangkan Pondok Pesantren Daruttaibin Campurdarat Tulungagung antara lain santri banyak yang boyong untuk melanjutkan pendidikan formal lalu pengasuh membuat suatu kebijakan untuk mencari jalan keluarnya, keadaan asatidz/asatidzah dari luar pondok pesantren, pengaruh lingkungan dari keluarga dirumah.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Syahra Tri Nurjanah Sumaryatin
Date Deposited: 25 Nov 2023 04:27
Last Modified: 25 Nov 2023 04:27
URI: http://repo.uit-lirboyo.ac.id/id/eprint/1434

Actions (login required)

View Item View Item