Model Pembelajaran Interelegius DI SMA Katolik Santo Agustinus Kediri

falah, fajrul muchamad (2022) Model Pembelajaran Interelegius DI SMA Katolik Santo Agustinus Kediri. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Tribakti Lirboyo kediri.

[img] Text
COVER, PENGESAHAN, ABSTRAK.pdf

Download (730kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (642kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (695kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (531kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (721kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (424kB)

Abstract

SMA Katolik Santo Agustinus Kediri, dalam perkembangannya terbukti menarik para calon peserta didik untuk menempuh Pendidikan di sekolahan tersebut. Hal ini terkelan lantaran kedisiplinan, fasilitas pembelajaran, dan juga fasilitas gedung yang membuat nyaman para peserta didik. Bahkan, hal ini, meskipun sekolah SMA Katolik santo Agustinus Kediri merupakan lembaga Pendidikan yang bernaung dalam Yayasan Katolik, banyak juga berbagai peseta didik dari kalangan siswa yang berlatar belakang agama non-katolik untuk menempuh Pendidikan di sana. Dari hasil wawancara yang peneliti lakukan, mendapatkan, persentasenya 60 Kristen-Katolik 25% Islam 10% Hindu-Buda Konghucu 5%. Dari paparan ini terlihat bahwa SMA Katolik Santo Agustinus merupakan sekolah yang bisa dikatakan majemuk, lantaran semua agama resmi yang ada di Indonesia terdapat di sekolah tersebut. Atas dasar tersebut, maka juga diperlukannya pembelajaran interreligius yang perlu dilakukan oleh pihak sekolah. Berdasarkan latar belakang diatas, maka fokus penelitian adalah, Bagaimana Model Pendidikan Interreligius di SMAK Santo Agustinus Kediri? Bagaimana Upaya Lembaga dalam menerapkan model pendidikan Interreligius di SMAK Santo Agustinus Kediri? Penelitian ini dilakukan dengan menggunkan penelitian kualitatif deskriptif dengan tujuan untuk menggambarkan fenomena-fenomena yang apa adanya di lokasi penelitian. Data yang terhimpun peneliti adalah melalui observasi, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pertama: Model Pendidikan Interreligius di SMAK Santo Agustinus Kediri hanya sebatas program kultural yang ada di SMAK, dan belum bersifat secara formal. Dan hanya sebatas pada kelas XII saja. Hal ini dikarenakan mereka mendekati waktu kelulusan dan nantikan akan bersinggungan langsung dalam relasi kemasyarakatan. Dalam hal ini terdapat tiga model dalam upaya pembelajaran interreligius, yaitu guru memberikan sedikit penjelasan umum dalam semua agama yang dianut oleh siswa yang sekolah di tempat tersebut, siswa juga diminta untuk mempresentasikan mengenai gambaran umum tentang ajaran dari setiap agama yang dianut, dan juga terdapat dialog tanya jawab dari siswa yang beragama berbeda. Kedua: Upaya Lembaga dalam menerapkan model pendidikan Interreligius di SMAK Santo Agustinus Kediri dengan mendukung kegiatan dalam momen raya beragama. Seperti halnya berbagi takjil, buka Bersama, mengurangi jam pelajaran di waktu bulan Ramadhan. I dan II. Untuk buku jilid II untuk semester III dan IV. Buku jilid III untuk V dan VI.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan menengah; sekolah tingkat lanjutan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Much. Fajrul Falah
Date Deposited: 04 Dec 2023 02:54
Last Modified: 04 Dec 2023 02:54
URI: http://repo.uit-lirboyo.ac.id/id/eprint/1389

Actions (login required)

View Item View Item