KURIKULUM PEMBELAJARAN AL-QUR’AN UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS BACAAN AL-QUR’AN DI PONDOK PESANTREN HAJI YA’QUB LIRBOYO KOTA KEDIRI

Muhammad, Muftir afian (2022) KURIKULUM PEMBELAJARAN AL-QUR’AN UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS BACAAN AL-QUR’AN DI PONDOK PESANTREN HAJI YA’QUB LIRBOYO KOTA KEDIRI. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Tribakti Lirboyo Kediri.

[img] Text
cover-d. isi.pdf

Download (232kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (218kB)
[img] Text
BAB II baru.pdf

Download (221kB)
[img] Text
BAB III baru.pdf
Restricted to Registered users only

Download (130kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (229kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (99kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (169kB)

Abstract

RAFIAN, MUHAMMAD MUFTI. Kurikulum Pembelajaran Al-Qur’an untuk meningkatkan Kualitas Bacaan di Pondok Pesantren Haji Ya’qub Lirboyo Kota Kediri Pendidikan Agama Islam, Tarbiyah, IAIT Kediri, Dosen Pembimbing, Dr. H. Muslimin, M.Pd.I. Kata Kunci: Kurikulum, Pembelajaran A-Qur’an, Kualitas Bacaan, Pondok Pesantren Memahami ajaran Islam secara sempurna maka dibutuhkan adanya pemahaman terhadap Sumber utama dari ajaran Islam yaitu Al-Qur’an. Pemahaman dapat diperoleh melalui proses belajar, baik itu dari segi bacaan atupun makna yang terkandung di dalam Al-Qur’an. Pesantren Haji Ya`qub merupakan sebagian Pondok Unit Lirboyo yang mana terkenal dengan kitab kuningnya. Sealin itu, Pondok Haji Ya’qub ternyata juga ada pembelajaran Al Qur’annya. Kegiatan yang wajib diikuti oleh santri yang masih tingkat Ibtida’iyah MDHY/MHM dan Tsanawiyah MDHY. Adapun tenaga pengajarnya adalah ustadz-ustadz yang telah menempuh pendidikannya di MMQ Induk. Berdasarkan uraian diatas, maka peneliti dapat memfokuskan masalah penelitian sebagai berikut; 1). Bagaimana Implementasi Kurikulum dalam meningkatkan Kualitas Bacaan Al Qur’an di PPHY Lirboyo Kota Kediri ? 2). Bagaimana hasil implementasi kurikulum dalam meningkatkan kualitas bacaan Al Qur’an di PPHY Lirboyo Kota Kediri ? 3). Apa yang menjadi faktor pendukung dan penghambat implementasi kurikulum dalam meningkatkan kualitas bacaan Al Qur’an di PPHY Lirboyo Kota Kediri ? Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan model penelitian kualitatif dengan metode deskriftif kualitatif. Penelitian ini berusaha menggambarkan fenomena dari aspek kondisi alamiah, secara holistik, dan berusaha menemuakan makna. Dalam hal ini peneliti akan mengamati, menggambarkan, dan menjelaskan Kurikulum Pembelajaran Al-Qur’an untuk meningkatkan Kualitas Bacaan di PP Haji Ya’qub. Temuan-temuan tersebut akan dianalisis untuk merekonstruksi konsep yang didasarkan pada teori empiris yang telah dipaparkan pasa landasan teoritik dan kajian pustaka. Berdasarkan penelitian yang telah diselesaiakan peneliti menyimpulkan beberapa hasil penelitian, diantaranya; 1. MMQ PPHY menjalankan proses pembelajaran dengan menggunakan sistem bertahap atau kelas, Pengrekrutan guru MMQ PPHY ialah lulusan dari MMQ pusat. Durasi waktu mengaji di MMQ PPHY satu jam setengah. Medianya meliputi; buku persiapan, buku setoran, buku surat-surat pendek, meja, buku absen. Metodenya yaitu metode Talaqqi. Evaluasi pembelajaran pun berlaku tiap minggunya. 2. Hasilnya yaitu kedisiplinan dan rasa tanggung jawab yang tinggi dari santri dalam mengaji Al Qur’an. 3. Faktor pendukung mencakup: Kekompakan pengurus, memotivasi santri mengaji dengan tartil, Tahtiman untuk bekal dimasyarakat, kedisiplinan dan semangat ynag tinggi. Faktor penghambatnya antara lain; kurang disiplin dari pengajar, kurangnya pengajar, banyaknya kegiatan di pondok, belum menyiapkan hafalan yang akan di setorkan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan
300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 375 Kurikulum
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: muhammad mufti rafian
Date Deposited: 07 Oct 2023 04:54
Last Modified: 07 Oct 2023 04:54
URI: http://repo.uit-lirboyo.ac.id/id/eprint/1290

Actions (login required)

View Item View Item