Sari, Ida Lia (2023) Peran Pengurus Pondok Pesantren dalam Membina Kedisiplinan Pengajian Kitab Kuning Santri di Pondok Pesantren Putri Tahfidzul Qur'an Al-Hidayah Bandar Kidul. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Tribakti Lirboyo Kediri.
Text
COVER DKK.pdf Download (495kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (185kB) |
|
Text
BAB II.pdf Download (208kB) |
|
Text
BAB III.pdf Download (186kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (316kB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (32kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (145kB) |
Abstract
Kedisiplinan dalam kajian pengajian kitab kuning menjadi aspek penting yang perlu diperhatikan oleh pihak pengurus. Pondok pesantren Al-Hidayah memiliki fokus kajian tersendiri yaitu menghafal al-qur’an. Selain menghafal al-qur’an, pengajian kitab kuning juga menjadi salah satu kajian di P3TQ Al-hidayah. Yang melatarbelakangi adalah kebanyakan santri di P3TQ Al-Hidayah menganggap bahwa kajian kitab kuning seolah-olah hanya formalitas sehingga terjadilah ketidakdisiplinan santri dalam mengikuti kajian kitab kuning. Dari uraian diatas, maka dapat dirumuskan masalah sebagai berikut, (1) Bagaimana peran kepengurusan pondok pesantren dalam membina kedisiplinan pengajian kitab kuning santri di P3TQ Al-Hidayah Bandar Kidul? (2) Bagaimana model pembinaan kedisiplinan pengajian kitab kuning santri di P3TQ Al-Hidayah Bandar Kidul?, (3) Bagaimana faktor pendukung dan penghambat kedisiplinan pengajian kitab kuning santri di P3TQ Al-Hidayah Bandar Kidul? Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui peran pengurus pondok pesantren dalam membina kedisiplinan pengajian kitab kuning santri. (2) Untuk mengetahui model pembinaan kedisiplinan pengajian kitab kuning santri. (3) Untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat pengurus dalam membina kedisiplinan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan mengumpulkan data melalui observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Sumber data yang terkumpul menggunakan data primer dan data sekunder. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Pengurus pondok pesantren memiliki peran yaitu mengarahkan, membimbing, mengingatkan santri, menegur santri, memberi motivasi dan memberi hukuman. (2) Bentuk pembinaan disiplin santri yaitu pengaturan jadwal belajar yang tetap, lingkungan belajar yang kondusif, keterlibatan guru dan pengajar yang kompeten, menjaga ketertiban disekitar tempat pengajian, serta kolaborasi degbngan orang tua. (3) Faktor pendukung pengajian kitab kuning yaitu dengan adanya peraturan dan tata tertib yang tetap, melibatkan pengaturan jadwal yang terstruktur, dan lingkungan belajar yang kondusif. Faktor penghambatnya yaitu kurangnya motivasi dan kesadaran diri santri, kurangnya sikap menghargai tata tertib serta tantangan dalam kolaborasi dengan orang tua. Kata kunci: Pengurus, Pondok Pesantren, Kedisiplinan, Kitab Kuning, Santri
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | Huna Nurilaeni |
Date Deposited: | 11 Sep 2023 03:30 |
Last Modified: | 11 Sep 2023 03:30 |
URI: | http://repo.uit-lirboyo.ac.id/id/eprint/1257 |
Actions (login required)
View Item |