JAM’IYYAH PUSAT AR-ROHMAH DALAM MENINGKATKAN PENDIDIKAN KECAKAPAN SANTRI DI PONDOK PESANTREN HAJI YA’QUB LIRBOYO KOTA KEDIRI

Nadir, Nadir (2021) JAM’IYYAH PUSAT AR-ROHMAH DALAM MENINGKATKAN PENDIDIKAN KECAKAPAN SANTRI DI PONDOK PESANTREN HAJI YA’QUB LIRBOYO KOTA KEDIRI. Undergraduate (S1) thesis, Institut Agama Islam Tribakti.

[img] Text
Cover skripsi pdf.pdf

Download (653kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (448kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (503kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (330kB)
[img] Text
BAB IV-V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (639kB)

Abstract

Pendidikan kecakapan hidup pada dasarnya merupakan upaya untuk memperkecil perbedaan antara dunia pendidikan dengan kehidupan nyata sehingga pendidikan akan lebih realistis dan lebih konstektual dengan nilai-nilai kehidupan nyata sehari-hari, Pada akhir-akhir ini kurangnya perhatian santri terhadap jam’iyyah sebagai wadah santri dalam merealisasikan ilmunya sehingga jam’iyyah ar-rohmah memiliki peran penting untuk meningkatkan kemampuan santri dengan lebih terampil serta memiliki seni kreatifitas yang tinggi pada bidang yang dikuasinnya. Oleh karena itu, jam’iyyah ar-rohmah berupaya untuk meningkatkan kecakapan hidup, agar para santri mampu untuk menerapkan ilmunya serta mempunyai bekal untuk masa depannya. Dari uraian tersebut, maka dapat dirmuskan masalah penelitian sebagai berikut 1) untuk mengetahui bagaimana jam’iyyah pusat ar-rohmah dalam meningkatkan pendidikan kecakapan santri Di Pondok Pesantren Haji Ya’qub Lirboyo Kediri, 2) untuk mengetahui bagaimana hasil jam’iyyah pusat ar-rohmah dalam meningkatkan pendidikan kecakapan santri Di Pondok Pesantren Haji Ya’qub Lirboyo Kediri. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini adalah pengurus jam’iyyah dan beberapa santri pondok pesantren haji ya’qub. Teknis analisis data menggunakan cara reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Untuk pengecekan keabsahan data dilakukan dengan menggunakan teknik triangulasi. Adapun tahap-tahap penelitian meliputi pra lapangan, kerja lapangan, analisis data, dan penulisan laporan penelitian.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Jam’iyyah pusat ar-rohmah dalam meningkatkan pendidikan kecakapan santri dengan menerapkan kecakapan hidup yang lebih memprioritaskan pada kecakapan personal dan kecakapan sosial, kecakapan personal dalam penelitian kali ini adalah membentuk sikap santri yang kuat dan percaya diri sebagai bekal kehidupan ditengah-tengah masyarakat, sedangkan kecakapan sosial untuk menumbuhkan kepribadian yang dapat menerima dengan keadaan sosial yang dihadapinya. Bentuk kecapakan yang ditingkatkan melalui kegiatan eksak pada saat kegiatan jam’iyyah sebagai upaya untuk mengimplementasikan ilmu yang didapat ketika mengaji dipesanatren, pelatihan rebana upaya dalam meningkatkan kecakapan vokasional, serta wadah yang digunakan santri yaitu adanya madding ar-rohmah untuk mengembangkan kecakapan akademik.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan
Depositing User: S.Pd M. Syahrizal Niqie
Date Deposited: 06 Sep 2023 04:27
Last Modified: 06 Sep 2023 04:27
URI: http://repo.uit-lirboyo.ac.id/id/eprint/1253

Actions (login required)

View Item View Item