IMPLEMENTASI PROGAM PENGABDIAN SANTRI DALAM MEMBENTUK KARAKTER TERAMPIL DAN MANDIRI DI PONDOK PESANTREN AL MAHRUSIYAH

'Uluum, Bahrul (2023) IMPLEMENTASI PROGAM PENGABDIAN SANTRI DALAM MEMBENTUK KARAKTER TERAMPIL DAN MANDIRI DI PONDOK PESANTREN AL MAHRUSIYAH. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Tribakti.

[img] Text
Bag awal.pdf

Download (887kB)
[img] Text
Bab I.pdf

Download (809kB)
[img] Text
Bab II.pdf

Download (818kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (618kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (667kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (697kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (470kB)

Abstract

Pondok pesantren saat ini menjadi salah satu lemaga pendidikan di Indonesia yang banyak dipilih dan diminati oleh orang tua untuk memondokkan putra putrinya. Semakin banyak para santri di setiap tahunnya, sehingga semakin banyak juga santri yang telah selesai jenjang madrasahnya. Dari sini di pesantren memiliki banyak permasalahan yang beragam, seperti santri ketika pulang kerumah disuruh untuk menghidupkan sebuah organisasi maupun kegiatan lainya banyak yang mengatakan belum siap, atau kekurangan sosok yang mengatur keseharian santri baru di pondok. Hal ini membuat pengasuh dan pengurus di pondok pesantren berinisaitif untuk mewajibkan progam pengabdian, dimana para santri senior yang sudah menyelesaikan jenjang madrasahnya, karena lulusan dari pesantren harus bisa beradaptasi sesuai dengan medan yang dilaluinya. Hal ini membuat sang peneliti ingin mengetahui lebih jauh adanya progam ini dengan memberikan rumusan masalah penelitian disini yaitu, bagaimana implementasi progam pengabdian santri dalam membentuk karakter terampil dan mandiri di Pondok Pesantren Al Mahrusiyah Lirboyo Kediri. Disini penulis memfokuskan penelitian yang diambil dari ranah pengimplementasian progam pengabdian, jenis-jenisnya, serta pengtingnya masa pengabdian, bertujuan sebagai bekal santri untuk bermasyarakat, dan juga menjelaskan terkait progam pengabdian dalam membentuk karakter yang terampil dan juga mandiri. Penulis menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif yang mana mencarinya dengan metode wawancara, observasi dan dokumentasi, peneliti dapat menyimpulkan bahwasanya implementasi progam pengabdian ini yang digunakan sesuai dengan kebutuhan para santri nanti ketika pulang di rumahnya, mulai dari kesosialan dalam berkumunikasi mengatur sebuah organisai maupun mengajarkan sebuah ilmu kepesantrenan, yang mana bisa memunculkan sebuah karakter yang terampil maupun mandiri santri secara tidak langsung dirasa oleh santri itu sendiri. Penelitian disini dipaparkan mulai dari latar belakang objek penelitian, komponennya, sekilas keadaan pondok pesantrennya, serta menjelaskan bagaimana proses dari progam pengabdian dalam membentuk karakter dan mandiri. Yang menghasilkan kesiapan santri dalam ber-muasyaroh dengan masyarakat, mulai dari apa yang nanti dibutuhkan ketika bersosial.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 379 Masalah kebijakan publik dalam pendidikan; peraturan-peraturan pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Tn Bahrul 'uluum
Date Deposited: 05 Sep 2023 02:18
Last Modified: 05 Sep 2023 02:18
URI: http://repo.uit-lirboyo.ac.id/id/eprint/1224

Actions (login required)

View Item View Item