Implementasi kurikulum pendidikan berbasis tasawuf Ahlus Sunnah Wal Jamaah dalam membangun karakter santri Pondok Pesantren Lirboyo Unit Darussalam

Soleh, M. Badrus (2023) Implementasi kurikulum pendidikan berbasis tasawuf Ahlus Sunnah Wal Jamaah dalam membangun karakter santri Pondok Pesantren Lirboyo Unit Darussalam. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Tribakti Lirboyo Kediri.

[img] Text
cover.pdf

Download (61kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (248kB)
[img] Text
Daftar Isi.pdf

Download (367kB)
[img] Text
BAB Idocx.pdf

Download (629kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (622kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (589kB)
[img] Text
BAB IV dan V .pdf
Restricted to Registered users only

Download (726kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (483kB)

Abstract

Pesantren merupakan sebuah lembaga pendidikan yang dituntut untuk selalu tumbuh dan berkembang mengikuti perubahan zaman yang ada. Maka tuntutan terhadap penerapan pendidikan karakter yang efektif dan efisien bagi para santri menjadi sebuah tantangan bagi pesantren untuk menunjang dan mempermudah semua kegiatan belajar mengajar di pesantren tersebut. Penerapan kurikulum pendidikan karakter merupakan hal yang harus dipertimbangakan adanya dalam menghadapi peserta didik (santri) yang kurang mencerminkan karakter yang baik dan benar sesuai norma dan peraturan yang telah ditetapkan, maka perlu adanya implementasi pendidikan karakter dalam pembinaan akhlak peserta didik dalam konteks tasawuf yang berfaham pada golongan Islam Ahlussunnah Wal Jamaah. Kurikulum merupakan salah satu komponen yang sangat menentukan dalam suatu sistem pendidikan, karena itu kurikulum beguna sebagai alat untuk mencapai tujuan pendidikan Islam dan sekaligus sebagai pedoman dalam pelaksanaan pengajaran pada semua jenis dan tingkat pendidikan Islam. Fokus penelitian ini adalah : 1). Apakah komponen kurikulum pendidikan Aswaja dalam bidang tasawuf di Pondok Pesantren Lirboyo Unit Darussalam? 2). Bagaimana landasan teori kurikulum Pendidikan Aswaja di madrasah diniyyah Pondok Pesantren Lirboyo Unit Darussalam? 3). Bagaimana evaluasi yang dilakukan oleh para pengajar madrasah diniyyah Pondok Pesantren Lirboyo Unit Darussalam agar implementasi kurikulum Pendidikan Aswaja bidang tasawuf dapat terus berkembang?. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus karena obyek penelitian berupa peristiwa dan kegiatan yang terkait dengan tempat dan waktu yang sama. Kemudian diarahkan untuk menghimpun data berupa kata maupun gambar serta memperoleh pemahaman dari kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan langkah-langkah: (1) Kondensasi data (2) Penyajian data 3) Kesimpulan, penarikan/verifikasi. Metode keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Hasil dati penelitian ini adalah (1) Materi komponen kurikulum pendidikan Aswaja dalam bidang tasawuf di Pondok Pesantren Lirboyo Unit Darussalam. (2) landasan teori kurikulum Pendidikan Aswaja bidang tasawuf di madrasah diniyyah di Pondok Pesantren Lirboyo Unit Darussalam. (3) evaluasi yang dilakukan oleh pengurus pondok agar penerapan kurikulum pendidikan Aswaja dapat membentuk karakter para santri Pondok Pesantren Unit Lirboyo Darussalam bisa berlanjut terus menerus.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 375 Kurikulum
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: M. Badrus Soleh
Date Deposited: 28 Jul 2023 02:00
Last Modified: 28 Jul 2023 02:00
URI: http://repo.uit-lirboyo.ac.id/id/eprint/1098

Actions (login required)

View Item View Item