STRATEGI KEPALA MADRASAH IHYA' ULUMUDDIN DALAM MENINGKATKAN KEDISIPLINAN SISWA DI PONDOK PESANTREN LIRBOYO UNIT DARUSSALAM KOTA KEDIRI

MUHAMAD, KHOTIBUL AUFA (2022) STRATEGI KEPALA MADRASAH IHYA' ULUMUDDIN DALAM MENINGKATKAN KEDISIPLINAN SISWA DI PONDOK PESANTREN LIRBOYO UNIT DARUSSALAM KOTA KEDIRI. Undergraduate (S1) thesis, universitas islam tribakti lirboyo.

[img] Text
Cover Aufa Terbaru.docx

Download (83kB)
[img] Text
ABSTRAK.rtf

Download (56kB)
[img] Text
Skripsi Aufa REVISI siap print.docx
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

MUHAMAD KH0TIBUL AUFA, 2022: Strategi Kepala Madrasah Ihya’ Ulumuddin dalam meningkatkan Kedisiplinan Siswa di Pondok Pesantren Lirboyo Unit Darussalam Kota Kediri, Pendidikan Agama Islam, Tarbiyah, IAIT Kediri, Dosen Pembimbing Drs. Miftahuddin, M.Pd. I. Kata Kunci: Strategi Kepala Madrasah, Kedisiplinan Siswa Kedisiplinan sangatlah penting dalam kehidupan sehari-hari, dan sangatlah erat dalam lingkungan madrasah terutama kedisiplinan para siswa, karena dengan adanya kedisiplinan maka proses belajar-mengajar akan berjalan dengan sesuai harapan. Madrasah memikul tanggung jawab pokok bila pelanggaran oleh siswa terjadi di lingkungan madrasah. Dalam hal ini kepala madrasah harus berusaha dan bekerja sama dengan pengajar dan pengurus yang lainnya untuk memajukan atau membatasi kebebasan siswa agar kebijaksanaan dan peraturan yang telah ditetapkan bagi kepentingan siswa dan madrasah bisa dijalankan dengan maksimal. Dari uraian di atas, maka penulis merumuskan masalah sebagai berikut: (1) Bagaimana Strategi Kepala Madrasah Ihya’ Ulumuddin dalam meningkatkan Kedisiplinan Siswa di Pondok Pesantren Lirboyo Unit Darussalam Kota Kediri? (2) Bagaimana Faktor Pendukung dan Penghambat dalam meningkatkan kedisiplinan siswa di Pondok Pesantren Lirboyo Unit Darussalam Kota Kediri? Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan untuk analisis data dilakukan dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan/ verifikasi. Dan untuk pengecekan keabsahan data dilakukan dengan cara perpanjangan pengamatan, ketekunan pengamatan,trianggulasi dan mengadakan member checking. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Bagaimana Strategi Kepala Madrasah Ihya’ Ulumuddin dalam meningkatkan Kedisiplinan Siswa di Pondok Pesantren Lirboyo Unit Darussalam Kota Kediri, di lakukan dengan cara : a) Membuat peraturan yang jelas dan tegas agar bisa dilaksanakan dengan sebaik-baiknya oleh siswa b) Bekerja sama dengan pengurus pondok. c) Memberikan Punishment kepada siswa (2) Bagaimana Faktor Pendukung dan Penghambat dalam meningkatkan kedisiplinan siswa di Pondok Pesantren Lirboyo Unit Darussalam Kota Kediri, diantara faktor pendukungnya yaitu: a) adanya peran seorang pengajar dalam mendidik dan memberikan motivasi kepada siswa tentang pentingnya kedisiplinan. b) adanya kontrol dari pengajar di madrasah, dimana tingkah laku siswa di saat berada di dalam ruangan kelas. Sedangkan faktor penghambatnya diantaranya yaitu: a) faktor internal: kurangnya kesadaran pada diri siswa terkait dengan pentingnya kedisiplinan pada diri sendiri. b) faktor eksternal : latar belakang yang berbeda dan juga pengaruh lingkungan ataupun pergaulan dirumah yang berbeda.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Subjects: 200 – Agama > 200 Agama > 200 Agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Muhamad Khotibul Aufa
Date Deposited: 28 Jul 2023 02:01
Last Modified: 28 Jul 2023 02:01
URI: http://repo.uit-lirboyo.ac.id/id/eprint/1091

Actions (login required)

View Item View Item