Penerapan Media Scramble Picture dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPA Di Kelas IV MI Manbaul Khoirot Desa Surat

Zulfa, Anik Lukluul (2023) Penerapan Media Scramble Picture dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPA Di Kelas IV MI Manbaul Khoirot Desa Surat. Undergraduate (S1) thesis, Institut Agama Islam Tribakti.

[img] Text
1 COVER.pdf

Download (33kB)
[img] Text
6 ABSTRAK.pdf

Download (139kB)
[img] Text
7 DAFTAR ISI.pdf

Download (147kB)
[img] Text
8 BAB 1.pdf

Download (247kB)
[img] Text
9 BAB II.pdf

Download (306kB)
[img] Text
10 BAB III .pdf

Download (843kB)
[img] Text
11 BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (406kB)
[img] Text
12 BAB V.pdf

Download (593kB)

Abstract

Media mempunyai arti yang sangat penting dalam proses belajar mengajar. Karena, dalam kegiatan tersebut ketidak jelasan pelajaran yang disampaikan dapat dibantu dengan menghadirkan media sebagai perantara. Dan dalam suatu pembelajaran yang baik maka seorang guru harus mempunyai strategi yang bagus untuk menarik perhatian siswa agar dalam pembelajaran siswa dapat aktif, kreatif, dan antusias dalam mengkuti pembelajaran yang sdang berlangsung dengan materi yang diajarkan. Karena dalam proses pembelajaran biasanya siswa cenderung pasif dan pembelajaran hanya berpusat pada guru, kurang menarik dan siswa akan jenuh. Maka dari itu seorang guru dapat menerapkan solusi atas masalah tersebut dengan pembelajaran menggunakan media scramble picture untuk meningkatkan keefektifan danhasil belajar siswa. Dari uraian diatas, maka dapat dirumuskan masalah penelitian sebagai berikut (1) Bagaimana pelaksanaan pembelajaran IPA menggunakan media scramble picture? (2) Bagaimana keefektifan siswa dengan diterapkannya pembelajaran IPA menggunakan media scramble picture? (3) Apa saja kendala yang dialami dalam pembelajaran IPA menggunakan media scramble picture? Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian tindakan kelas, dengan subjek penelitian adalah 25 siswa kelas IV MI Manbaul Khoirot yang terdiri 17 siswa laki-laki dan 8 siswa perempuan. Desain penelitian ini mengacu pada penelitian tindakan kelas menurut Kemmis dan Mc Taggart yang meliputi: 1) perencanaa, 2) tindakan, 3) observasi, 4) refleksi. Penelitian ini berlangsung selama dua siklus. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan observasi, instrumen peneletian, soal tes untuk mengukur hasil belajar IPA. Observasi mengukur keterlaksanaan proses belajar mengajar. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan media scramble picture dalam meningkatkan hasil belajar IPA dan keefektifan belajar siswa kelas IV MI Manbaul Khoirot. Hal tersebut ditandai dengan keaktifan dan antusias siswa saat mengikuti pembelajaran sehingga semua baik dalam kerja kelompok maupun individu. Siswa aktif dalam bertanya maupun menjawab pertanyaan yang diberikan oleh guru. Dan pembelajaran dinyatakan efektif, hal tersebut ditunjukkan dengan adanya peningkatan hasil belajar pada siklus I dengan rata-rata nilai hasil belajar 72,4, dan mengalami peningkatan pada siklus II dengan rata-rata 85,12. namun terdapat kendala dalam pembelajaran yaitu kurangnya kreatifitas dan ketrampilan peneliti, kurang waktu pembelajaran, terdapat beberapa siswa yang pilih-pilih teman dalam kelompok.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru MI (PGMI)
Depositing User: Anik Lukluul Zulfa
Date Deposited: 08 Jun 2023 02:32
Last Modified: 18 Nov 2023 02:25
URI: http://repo.uit-lirboyo.ac.id/id/eprint/1048

Actions (login required)

View Item View Item